Satpol PP Halsel Minim Fasilitas Operasi

  • Bagikan
Mobil Operasi dan Damkar milik Satpol PP Halsel yang terparkir di halaman kantor

LABUHA – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) hingga kini kekurangan fasilitas penunjang seperti mobil operasi, mobil pemadam kebakaran dan anggaran operasional.

“Satpol PP ini dengan tanggung jawab yang besar itu selain sarana dan prasarana juga anggaran tidak mencukupi,” ungkap Kepala Bidang Penegak Hukum dan Perundangan-Undangan Satpol PP Halsel, M. Zaki Abdul  Wahab saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (16/4/2018).

Zaki menjelaskan, fasilitas dan anggaran yang dimiliki saat ini tak sebanding dengan tugas yang  diemban oleh kesatuannya untuk menertibkan peraturan daerah dan peraturan bupati.

“Kita diembankan untuk menertibkan beberapa Perda, karena hampir semua Perda dan Peraturan Bupati adalah tanggung jawab Satpol PP untuk menindak lanjuti. Kita sudah minta daftar lis Perda-Perda mana yang menjadi fokus untuk kita tindaklanjuti,” cetusnya.

Lanjutnya, sarana dan prasaran seperti mobil operasi hanya satu unit, sedangkan untuk mobil pemadam kebakaran hanya tersedia tiga unit, itupun dua unit sudah rusak tidak bisa dipakai lagi. Sementara satu unitnya mengalami gangguan pada mesinya.

“Kita punya hanya satu dan itu sering rusak, tadi mau paroli tapi ada gangguan minyaknya sudah tidak naik butuh comprosor chas. Kalau sudah begitu stiap dua minggu harus ganti aki, seharusnya mobil seperti itu minam dua unit, kemudian mobil pemadam kebakaran (Damkar) kita punya ada tiga unit yang jadi hanya satu unit, itupun harus pengecekan terus karena sering mogok, kita khawatirkan jika ada kejadian kebakaran kita tidak siap armada,” akuinya.

Dirinya mengaku, sudah beberapak kali mengajukan anggaran hanya saja tidak diakomudir dalam APBD.

“Sebelumnya beberapa kali diusulkan tapi dipangkas terus, jadi sementara kita pakai satu unit itu saja. Saya koordinasi dengan Kasat Pol PP untuk diservis namun hanya satu saja yang bisa beroperasi,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, dirinya berharap Pemda dapat mengakomudir semua usulan dari kesatuannya agar dapat maksimal menegangkan Perda dan meningkatkan mutu kesatuannya.

“Saya berahap dianggara perubahan dapat diakomudir,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut