Samad Nilai Wabup ‘Telanjangi Diri Sendiri’

  • Bagikan

JAILOLO  – Penyataan Wakil Bupati (Wabup) Halmahera Barat (Halbar) Ahmad Zakir Mando, atas kegagalan sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di masa kepemimpinanya bersama Bupati Danny Missy, dinilai membuka aib sendiri ke public.

Anggota Komisi III DPRD Halbar, Samad Moid menilai pernyataan Wabup di media atas kegagalan pengelolaan pemerintahan sama halnya menelanjangi dirinya sendiri. Sebab, jimka pimpinan SKPD gagal seperti yang disampaikan Wabup, maka seharusnya dipanggil untuk memperbaiki kegagalannya,  bukannya berteriak di media lalu menyalahkan pimpinan SKPD.

“Tindakan seorang wakil bupati terhadap pimpinan SKPD, yang dipublis beberapa media itu sangat tidak etis, sehingga perlu dievaluasi. Jika tidak mampu memimpin birokrasi lebih baik mundur diri dari kerajaan Birokrasi tersebut,” kata Samad kepada KabarMalut, Rabu (18/4/2018).

Menurut Samad,  pemimpin harus memberikan optimisme kepada publik terkait akselerasi program pembangunan di daerah. Karena pemimpin adalah tempat masyarakat menaruh harapan.

“Pernyataan gagal mengelolah pemerintahan dan pembangunan yang disampaikan Wakil Bupati Halbar itu merupakan sikap pesimisme yang hanya dimiliki oleh pemimpin berpikir kerdil,” jelasnya.

Semestinya, lanjut Samad,  Wabup harus paham bahwa fungsi pengawasan yang melekat pada jabatan berbeda dengan fungsi pengaawasan yang dijalankan.  Karena dalam pemerintahan, ada etika pemerintahan yang harus dievaluasi dan diperbaiki, bukan meminta campur tangan tuhan lalu mengobarkan nama pimpinan SKPD di media massa.

“Ini tandanya pemimpin yang cepat menyerah, sekarang pernyataan maju selangkah mundur dua langka  telah terbukti. Saya sangat mengapresiasi kepada Wakil Bupati atas trnsparansinya masalah  ini ke media massa, namun lebih apresiasi jika Wakil Bupati mundur dari jabatannya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut