Penyerahan Aset Desa Tuakara Sudah Tepat

  • Bagikan
Anggota DPRD Halbar, Sofyan Kasim

JAILOLO – Anggota Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Halmahera Barat, Sofyan Kasim menegaskan, Desa Tuakara tak perlu di polemikan lagi, sebab penyerahan aset desa sudah tepat.

Menurutnya, langkah yang di ambil oleh dua pemerintah Halbar-Halut sangatlah bijaksana. Dan Desa Tuakara di putuskan masuk Halut itu sudah tepat. Karena sesuai Permendagri nomor 39 tahun 2015 tentang kode dan data wilayah administrasi pemerintahan desa, yang kemudian diubah menjadi Permendagri 56 tahun 2015.

Karena pada saat itu, Desa Tuakara secara administratif. masuk dalam wilayah Kecamatan Loloda Kabupaten Halbar dan juga Kecamatan Loloda Utara, Kabupaten Halut.

Dualisme administrasi Desa Tuakara ini, sesuai isyarat Permendagri 67 tahun 2017 tentang pedoman penegasan batas daerah menjadi tugas Pemerintah Provinsi, sebagai perwakilan Pemerintah Pusat di daerah Untuk memfasilitasi kedua Kabupaten (Halbar/Halut), agar duduk bersama menyelesaikan dualisme data wilayah administrasi Desa Tuakara tersebut.

“Langkah yang di ambil oleh pemerintah Halbar-Halut sudah sesuai. Karena letak geografis, serta rentang kendali maupun efisiensi pelayanan masyarakat Desa Tuakara,” katanya.

Lanjut Sofyan, permasalahan seperti itu, Gubernur Maluku Utara M. Natsir Thaib, telah mengusulkan ke Mendagri, agar disesuaikan kembali Permendagri yang mengatur kode dan data administrasi pemerintah desa. Sehingga lahirlah Permendagri nomor 137 tahun 2017 yang didalamnya menjelaskan Desa Tuakara masuk ke Halut.

Selain itu, Sofyan menambahkan, terkait batas wilayah Halbar – Halut tepat di gunung Gogoroko juga harus diselesaikan kedua pemerintahan tersebut, sehingga tidak ada lagi polimik yang berkepanjangan. (Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut