Stefi Pasimanjeku Gelar Dialog Publik Sosialisasi Kinerja Kontitusional DPD RI

  • Bagikan
Dialog publik dan sosialisasi konstitusional DPD RI

JAILOLO – Anggota Dewan Perwakilan Dearah (DPD) RI Perwakilan Maluku Utara Matheus Stefi Pasimanjeku, menggelar dialog publik sosialisasi fungsi dan tugas DPD RI, berlangsung di Aula Hotel De’Hok, Desa Hatebicara, Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Sabtu (28/4/2018).

Kegiatan tersebut, dengan tema mewujudkan Kinerja Konstitusional DPD RI, yang bekerja sama Badan Kelembagaan Kapasitas Kelembagaan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, dengan Pimpinan Cabang Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Jailolo.

Matheus Stefi Pasimanjeku mengatakan, dari sosialisasi lembaga ini, yang mana sampai saat ini masyarakat di daerah – daerah dan bahkan di ibu kota sekalipun masih sangat bingun, baik dalam sebutan maupun pola sistem dan kerja dari pada lembaga DPD itu sendiri, walaupun ada satu lembaga DPD RI adalah BPKK yang lebih fokus untuk membicarakan kelembagaan ini. Dengan begitu, sangat penting untuk disosialisasikan kepada masyarakat.

“Dari sosialisasi apa itu DPD RI, tugas dan kewenangannya seperti apa, yang itu yang kami jelaskan kepada masyarakat. Tentunya, kami juga melakukan penyerapan aspirasi, serta menyampaikan aspirasi baik kepada Kementrian terkait Pemerintah Pusat,” ungkapnya.

Stefi menjelaskan, meski memiliki fungsi, tugas, dan peran sesuai ketentuan pasal 22D UUD 1945 dan tata tertib DPD RI. Namun, kenyataannya tidak pernah diberi peran kewenangan legislasi dan sama sekali tidak diberi porsi kewenangan dalam mengambil keputusan apa – apa dalam rangka tata urut dan sistematika proses legislasi. Tetapi hanya memberikan saran atau pertimbangan. Untuk itu, pihaknya sangat membutuhkan dukungan masyarakat untuk bisa berada di belakang dengan kami dalam rangka mendorong dalam rangka melakukan amandemen nanti.

“Sehingga kehadiran DPD RI itu sebagai penyeimbang, total seluruh anggota DPR itu di Pulau jawa saja memiliki 70 persen anggota DPR. Sedangkan DPD tidak dilihat dari pada jumlah jiwa, tetapi dilihat kita sebagai representasi daerah dan bila DPD dikuatkan maka pasti daerah lebih kuat,” tandasnya.

Stefi menambahkan, untuk DPD RI Perwakilan Maluku Utara, sudah banyak berbuat untuk masyarakat dan salah satunya adalah undang – undang Kelautan.

Sekedar diketahui, dalam dialog tersebut, turut hadir sebagai narasumber Anggota DPD RI Perwakilan Malut Matheus Stefi Pasimanjeku, Praktisi Hukum Arnol Musa, Aktivis Perempuan Adolfin Deslina Datang, Pengurus DPP GAMKI Edy Yau, serta moderator Donal Risal Bunga. (Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut