Tim Kemendag Pastikan Stok Pangan Malut Aman

  • Bagikan
Tim kemendag RI saat melakukan pemantauan di Malut

TERNATE – Tim dari Kementrian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI), melakukan pemantauan ketersedian stok dan harga barang di Provinsi Maluku Utara, Selasa (1/5/2018), dalam rangka jelang bulan puasa ramadan serta lebaran idul fitri.

Pemantauan dilakukan di sejumlah lokasi di Kota Ternate, seperti pasar bahari berkesan, hypermart, distributor dan gudang bulog, dari hasil pemantauan oleh tim yang dipimpin oleh Kepala Badan Pengkajian Perdagangan Kemendag RI, DR Kasan, menyebutkan stok  dan harga barang di Malut terbilanga aman.

“Kita tadi sudah melihat beberapa bahan pokok seperti beras, telur, bawang dan lainnya yang di Malut, cenderung stabil, dan diharapkan agar dijual sesuai harga eceran tertinggi saja,” katanya saat diwawancarai di Pasar Bahari Bekesan Ternate, Selasa (1/5/2018).

Komoditi yang mengalami kenaikan seperti telur dan bawang merah yang saat ini di pasaran naiknya, dan diupayakan agar stok selalu tercukupi sehingga harga tidak akan naik terlalu tinggi.

“Hanya beberapa bahan pokok yang sedikit naik, selebehnya saya kira relatif stabil, selanjutnya kita akan lakukan koordinasi dengan sejumlah pihak untuk melakukan pengwasan agar tidak terjadi gejolak kenaikan harga,” ujarnya.

Sementara itu, untuk stok beras sendiri relatif stabil, karena telah dipasok langsung oleh Bulog, dengan kualitas medium yang dijual dengan harga Rp 10.000 per kilo gram.

“Kita harapkan dengan adanya ini persaingan, karena konsumen akan memilih beras yang harnya lebih murah dengan kualitas yang tidak jauh berbeda,” harapnya.

Kunjungan ini didampingi langsung oleh Asisten I Setda Malut, Hasbi Pora, Plt Wali Kota Ternate, Abdullah Tahir, Kadis Perindag Malut, Asrul Gailea dan Kadis Perindag Ternate, Nuryadin Rachman serta para jajaran.(Ong)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut