Panwascam di Halsel Tidak Terima DIPA Selama 7 Bulan

  • Bagikan
Rakernis Pengelolaan Keuangan bagi Kepala Sekertariat dan PUMK Panwascam se-Halsel oleh Panwaslu Halsel bebrapa waktu lalu

LABUHA – Panitia Pengawasan Pemilihan Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) mempertanyakan nilai anggaran pada Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) untuk pengawasan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Maluku Utara (Malut) tahun 2018 di tingkat kecamatan yang selama ini tidak diberikan Panwaslu Halsel selama 7 bulan.

DIPA yang telah ditentunkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Malut dari bulan November 2017 sampai kini belum diserahkan Panwslu Halsel ke Panwascam. Sehingga Panwaslu Halsel dinilai tidak trasparan dalam pengelolaan anggaran pengawasan Pilgub di kecamatan.

Ketua Panwaslu Halsel, Kahar Yasim saat dikonfirmasi mengatakan, untuk DIPA di 10 kabupaten/kota di Provinsi Malut itu sama bukan hanya terjadi di Kabupaten Halsel saja serta dicairkan sesui dengan kegiatan Panwas Kecamatan.

“Anggaran itu dicairkan sesuai dengan rincian kegiatan yang telah disusun  masing-masing kepala sekrtariatan, jadi anggaran itu ada dan bukan dikelola oleh Komsioner Panwas Kecamatan,” ungkap Kahar saat ditemui di ruangan kerjanya, Kamis (3/5/2018).

Kahar menjelaskan DIPA tidak diberikan langsung ke Panwascam, karena ada perubahan anggaran di Provinsi Malut, sehingga anggara dicairkan sesuai dengan permintan masing-masing kapala sekertariat dengan kebutuhan dan tidak diberikan semua di Panwascam.

“Anggaran itu bukan kami yang kelola, namun semua ada di Bawaslu Provinsi Malut dan apabila ada kekurangan kami melakukan permintaan di Provinsi,” ujaranya.

Disentil terkait dengan pemotongan anggaran Panwascam senilai Rp 1 juta oleh Sekertaris Panwaslu Halsel, Kamil Muis, Kahar mengaku dirinya belum mengetahui dan baru mendengar informasi ini.

“Kalau masalah pemotongan nanti saya cek ke keuangan dan sekertaris, karena pemotongannya soal apa dan yang jelas kami di pimpinan tidak melakukan pemotongan,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut