Dukung Pengesahan RUU Masyarakat Adat, AMAN dan Warga Adat O’hongana Mayawa Gelar Aksi

  • Bagikan
Masyarakat Adat O'Hongana Mayawa saat melakukan aksi di Dusun Rai Tukur-Tukur

MABA – Guna mendukung Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Masyarakat Adat segera disahkan menjadi UU. Alinasi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Kabupaten Halmahera Timur,  bersama komunitas Masyarakat Adat O’hongana Mayawa melakukan aksi damai di Dusun Rai Tukur-Tukur, Wasile Timur.

“Tujuan aksi AMAN Haltim bersama komunitas Masyarakat Adat O’hongana Mayawa Dodaga Dusun Rai Tukur-Tukur, menuntut agar RUU Masyarakat Adat segera disahkan menjadi UU,” kata Ketua AMAN Haltim, Udin Abubakar kepada wartawan, Jumat (4/5/2018).

Masyarakat Adat O’Hongana Mayawa dukung pengesahan RUU Masyarakat Adat

Ia menjalaskan, saat ini RUU Masyatakat Adat sudah masuk di Prolegnas Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia. Untuk itu komunitas masyarakat adat dan pengurus daerah AMAN Haltim, mendesak agar segera RUU masyarakat adat disahkan.

“Ini bagian dari menindaklanjuti putusan MahKamah Konstitusi nomor 35/PUU-X/2012 tentang status hutan Adat yang bukan lagi hutan negara,” turunya.

Sementara itu, Kepala Adat Dodaga, Mussa Kato juga mengaku, UU Masyarakat Adat ini penting, karena terkait dengan sumber kehidupan mereka di hutan yang sejak dulu mereka hidup dan dibesarkan.

“Negara harus ada perhatian dan wajib hadir nengan kondisi kami yang semakin hari semakin tercekik. Dimana orang-orang merampas tanah leluhur kami dengan mengatas namakan hutan negara dan taman nasional,” singkatnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut