Sopir Mobil Pengangkut Simpatisan AGK-YA Terancam Hukum 1 Tahun Penjara

  • Bagikan
Anggota Sat Lantas Polres Halsel ketika melakukan olah TKP kecelakaan mobil dinas pengangkut simpatisan AGK-YA

LABUHA – Sopir mobil dinas (Mobdin) Bagian Umum Sekertariat Daerah (Setda) Halmahera Selatan (Halsel,) Hasim Abdul Salam terancam hukuman satu tahun penjara.

Kapolres Halsel, AKBP Irfan S. P Marpaung mengaku, kecelakaan mobil dump truk yang diduga milik Pemda Halsel ketika mengangkut simpatisan calon gubernur dan wakil gubernur Malut 2018, Abdul Ghani Kasuba-Al Yasin Ali (AGK-YA) dikarenakan kelalaian sopir (Hasim). Akibatnya 36 warga harus mengalami luka ringan dan kendaraan rusak.

“Pengendara mobil itu dijerat pasal 310 ayat 2 UU nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Akibat kelalaiannya, mengakibatkan korban luka ringan dan kerugian materil,” kata Irfan kepada KabarMalut, Senin (7/5/2018).

Pasal 310 ayat 2 UU nomor 22 tahun 2009, tersebut menjelaskan setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor yang karena kelalaiannya mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas dengan korban luka ringan dan kerusakan Kendaraan dan atau barang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 229 ayat (3), dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan atau denda paling banyak Rp 2 juta.

BACA JUGA: Mobil Pengangkut Simpatisan AGK-YA yang Kecelakaan Milik Pemkab Halsel

Kapolres mengatakan, sementara nomor polisi kendaraan yang diduga dipalsukan ketika mengangkut massa, juga merupakan pelanggaran lalu lintas. Selain itu, pihaknya masih terus menyelidiki kepemilikan mobil dinas tersebut.

“Kalau masalah plat mobil itu pelanggaran lalu lintas dan untuk kendaraan masih dilidik kepemilikannya,” pungkasnya.

Terpisah, Kabag Umum Setda Halsel,  Saimah Kasuba saat dikonfirmasi melalui telepon seluler mengaku tidak mengetahui bahwa mobil yang mengangkut massa dari Desa Bibinoi yang mengalami kecelakaan dan mengakibatkan 36 orang terluka itu milik Bagian Umum.

“Saya tidak tahu karena mobil itu platnya hitam, saya juga tidak tahu kalau ada mobil yang dipakai,” singkatnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut