Fraksi PAN Desak Gakkumdu Periksa Kabag Umum

  • Bagikan
Ketua Komisi I DPRD Halsel, Abdullah Madjid

LABUHA – Franski Partai Amanat Nasional (PAN) Halmahera Selatan meminta kepada Sentral Penegag Hukum Terpadu (Gakkumdu) memberikan sangsi tegas terhadap Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Setda Halsel, Saimah Kasuba karena terlibat politik praktis dalam kampanye akbar pasang calon nomor urut 3 AGK-YA.

Hal ini disampaikan oleh salah satu anggota fraksi PAN, Abdullah Majid. Abdullah meminta Gakkumdu memeriksa Kabag umum sekertariat daerah Halsel karena diduga Saimah Kasuba ikut terlibat dalam politik prkatis.

“Kabag umum harus dijerat dengan pidana pemilu menyangkut dengan kerlibatnya dalam politik praktis pada saat pilgub,” ungkap Abdullah Majid,  kepada KabarMalut. Rabu (8/5/2018).

Abdullah menegaskan ada dual hal yang perlu dilihat, pertama keterlibatan Kabag umun dan perlengkapan Setda Halsel, Saimah Kasuba dalam hal memerintahkan bawahannya untuk ikut serta secara aktif pada kampanye pasangan calon dan penggunaan fasilitas negara atau daerah dalam kegiatan politik. Yang kedua, seorang bawahan tidak akan begitu jauh ikut terlibat tanpa ada unsur insruksi dari atasannya.

“Karena itu panwas dan gakumdu tidak begitu saja percaya alasan kabag umum tetapi harus barupaya untuk membuktikan keterlibatannya,” ujar Abdullah yang juga Ketua Komisi I DPRD Halsel itu.

Disisi lain kata Abdullah,  sopir truk milik Pemerintah Halsel juga harus diperiksa dalam kaitannya dengan pidana pemilu.

“Jangan-jangan yang bersangkutan termasuk salah satu ASN,” pungkas Abdulah. (Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut