Marak Laka Laut, Basarnas Ternate Bakal Bangun 2 Pos Penjagaan

  • Bagikan
Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Ternate, Mustari

TERNATE – Sering terjadi kecelakaan laut di wilayah Provinsi Maluku Utara, membutuhkan kesiapan dari Badan SAR Nasional, Kantor Pencarian dan Pertolongan kelas B Ternate, untuk menempatkan sejumlah pos penjagaan di kepulauan Maluku Utara seperti di wilayah utara dan selatan Halmahera.

“Memang seharusnya dibangun pos penjagaan di Maluku Utara yaitu di wilayah selatan yang terletak di Kota Labuha Kabupaten Halmahera Selatan dan di wilayah Utara di Kota Tobole di Kabupaten Halmahera Utara,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan kelas B Ternate, Mustari kepada KabarMalut, Selasa (8/5/2018).

Menurutnya, untuk wilayah Malut masih sangat membutuhkan fasilitas dan personil Basarnas agar penanganan kasus kecelakaan laut menjadi lebih efektif, akan tetapi hingga saat ini jumlah personil hanya 40 orang yang berstatus PNS dan belum ada pos penjagaan masih belum memenuhi standar.

“Biasanya jika ada kejadian maka Basarnas akan dibantu oleh TNI dan Polri untuk penanganan dan itu sudah diatur demikian,” ujarnya.

Meski begitu, dirinya optimis dapat memberikan pelayanan dan siap bertindak jika ada peristiwa yang mengharuskan Basarnas untuk hadir memberikan pertolongan.

“Nanti di bagian utara akan kita tempatkan 6 orang personil, saat ini kita telah siap siaga selama 24 jam untuk memberikan pertolongan,” pungkasnya. (Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut