Rakor SAR, Gubernur Ingatkan Keselamatan Tanggung Jawab Bersama

  • Bagikan
Plt Gubernur Malut saat memberikan sambutan pada rapat koordinasi SAR

TERNATE – Rapat koordinasi yang dilakukan oleh Kantor Pertolongan dan Pencarian kalas B Ternate, Badan SAR Nasional dengan sejumlah instansi terkait guna menyamakan tujuan dan persepsi tentang keselamatan, apalagi letak georafis Maluku Utara sebagai derah kepulauan yang rawan terjadi kecelakaan laut, perlu kesiapan dan koordinasi yang baik antar instansi.

“Bagi saya, pelaksanaan Rapat Koordinasi yang dilaksanakan hari ini memiliki arti yang sangat penting, karena membahas masalah yang terkait dengan kepentingan dan keselamatan jiwa manusia saat terjadinya peristiwa atau kecelakaan di laut,” ungkap Plt Gubernur Malut, M Natsir Thaib saat membuka rapat koordinasi SAR di ballroom grand dafam Ternate, Selasa (8/5/2018).

M. Natsir menyebutkan, dengan konsisi rawan kecelakaan laut, baik yang dialami oleh transportasi laut maupun oleh nelayan harusnya menjadi perhatian bersama, untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan tersebut, dengan cara menumbuhkan kesadaran untuk memperhatikan keselamatan saat beraktifitas di laut.

“Tugas pencarian dan pertolongan keselamatan sebenarnya bukan hanya tanggangjawab Badan SAR sendiri, melainkan tugas dan tanggung jawab bersama,” ujarnya.

Menurutnya, untuk menunjang kerja  SAR akan didukung oleh pemerintah Provinsi Maluku Utara, dengan cara memberikan perhatian dan fasilitas kepada Basarnas.

“Saat ini kapal SAR belum memiliki dermaga sendiri, nanti akan kita upayakan agar mendapatkan lokasi untuk membangun dermaga SAR,” jelasnya. (Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut