TNI-AL Amankan Ratusan Amunisi Aktif yang Hendak Dibawa Ke Tobelo

  • Bagikan
Anggota TNI-AL yang mengamankan ratusan amunisi yang hendak dibawa ke Tobelo

DARUBA – Anggota TNI-AL Lanal Morotai, mengamankan ratusan amunisi aktif yang hendak dibawa ke Tobelo, Halmahera Utara (Halut). Amunisi sebanyak 263 butir itu, dibawa oleh seorang warga asal Halut berinisial JS melalui angkutan penyeberangan Fery.

UR Hartib Pomal Lanal Morotai, Kopral Arif mengaku, awalnya pria asal Halut mendatangi dirinya dan menanyakan bisa tidak dirinya membawa amunisi yang dikiranya sudah tidak aktif itu ke Tobelo. Amunisi dibungkus dalam sebuah kertas plastik berwarna hitam, namun setelah dicek ternyata amunisi tersebut masih aktif.

“Awalnya ada seorang pria yang datang langsung kepada pihak keamanan untuk menanyakan, apakah bisah peluru ini dibawah ke Tobelo, karena semua sudah tidak aktif.  Tapi saat di periksa teryata peluru yang akan dibawah itu sebagaian masih aktif, sehingga kita langsung mengamankan,” ” kata Arif kepada wartawan, Senin (14/5/2019).

Menurutnya, amunisi tipe 5,56 yakni peluru hampa tersebut diduga dikumpulkan JS saat selesai latihan gabungan TNI, Pasukan Penggerak Reaksi Cepat (PPRC) di Bandara Leo Wattimena. Namun JS tidak mengetahui sebagian masih berstatus aktif dan ini sangat berbahaya.

“Peluru yang dikumpulkan itu mereka mau mengambil tembaganya saja, untuk diperjual belikan di luar, tapi itu tidak bisah, dan barang ini kita dapat mengamankan untuk melaporkan kepada Komandan atau atasan supaya tindaklanjutnya menunggu perintah seperti apa,” jelasnya.

Arif juga menambahkan semua penumpang yang naik maupun turun dipelabuhan fery pihaknya selalu melakukan pemeriksaan.

“Sehingga jangan sampai ada yang membawa barang tajam bahkan seludupan barang haram seperti narkoba dan sebagainnya,” tutupnya. (Aji/Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut