Pekan Depan Putusan Sengketa Pilkades Waci

  • Bagikan
Kepala Bagian Hukum Setda Haltim, Ardiansyah Majid

MABA – Sengketa Pimilihan Kepala Desa (Pilkades) Waci, Maba Selatan (Mabsel) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), yang hingga kini masih dalam proses sidangan di PTUN Ambon, dipastikan pekan depan sudah ada putusan dari PTUN Ambon.

Kepala Bagian Hukum Setda Haltim, Ardiansyah Majid mengatakan, dalam proses sengketa Pilkades Waci sudah sampai pada persidang pemeriksaan terhadap kedua saksi baik dari penggguat maupu tergugat pada kamsi pekan kemarin. Sehingga kini tinggal menunggu proses sidang Kamis 24 Mei dengan agenda kedua pihak menyampaikan kesimpulan dan Kamis pekan depan dipastikan sudah ada putusan.

“Kalau Kamis ini dilanjutkan dengan sidang penyampaian kesimpulan dari kedua pihak, maka di Kamis berikut sudah ada putusan dari PTUN,” kata Ardiansyah kepada KabarMalut, Senin (21/5/2018).

Ardiansyah juga memastikan Pemkab tetap menerima dan menjelankan putusan PTUN, jika sudah bersifat ingkra. Namun selama belum ada ingkra, maka pihaknya masih tetap mempertahankan sesuai apa yang telah di SK-kan oleh Bupati.

“Apapun putusannya nanti, kami tetap akan melaksanakan, karena hal ini juga sudah disampaikan oleh Bupati, namun asalakan putusan itu sudah ada ingkra atau putusan hukum tetap,” terangnya.

Meski begitu, dirinya berharap ke majelis hakim agar sebeulm mengambil keputusan, dapat mempertimbangan, karena fakta dalam persidangan membuktikan bahwa apa yang dituntut itu, penggutalah yang melakukan.

“Karena penggugat mengguat ini terkait dengan perubahan DPT, samentara pemeriksaan persidangan fakta terungkap bahwa yang mengusulkan perubahan DPT adalah penggugat sendiri, dan itu diakui oleh saksi dari Penggugat saat persidangan, yakni Abdurahman Dani,” jelasnya.

Pemkab Haltim yakni adanya  beberap fakta yang ditemui dalam persidangan, bakal menjadi pertimbangan majelis hakim dalam mempertimbangan untuk mengambil sebuah keputusan sengketa Pilkades Waci.

“Jadi dengan melihat fakta-fakta yang ada dalam persidangan, maka dapat dipastikan persidangan sengketa ini akan dimenangkan oleh Pemkab,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut