Tingkatkan Hasil Tangkapan, Pemda Morotai Serahkan 10 Unit Kapal Nelayan

  • Bagikan
Foto bersama pada acara kerja sama Puskud Halmahera Jaya Dengan Koperasi Nelayan Taruna Selatan, Tuna Pasifik dan penyerahan kapal penangkap ikan 3 GT

DARUBA – Untuk meningkatkan hasil tangkapan para nelayan di Pulau Morotai, Pemda Pulau Morotai telah menyerahkan bantuan kapal penangkap ikan 3 GT sebanyak unit ke kelompok nelayan. Penyerahan disertai penandatangan memorandum of understanding (MoU) Puskud Daeo dengan Koperasi Tuna Selatan dan Koperasi Tuna Pasifik, dilakukan langsung oleh Asisitem I Bidang Pemerintahan dan Hukum Setda Pulau Morotai, Muchlis Baay mewakili Bupati Benny Laos.

Asisitem I Bidang Pemerintahan dan Hukum Setda Pulau Morotai, Muchlis Baay mengatakan, laut Morotai memiliki potensi kelautan yang sangat potensial, terdapat 6.800 ton potensi ikan namun baru dikelolah sebanyak 2.600 ton, khusunya ikan tuna 51.000 ton yang baru dimanfaatkan yaitu dari sisi ikan tuna.

“Potensi ini kalau tidak dimanfaatkan maka tidak memiliki nilai, akan tetapi kalau dikelola maka potensi tersebut memiliki nilai potensial. Potensi dimanfaatkan akan menunjang perkembangan masyarakat dan perkembangan daerah, karena perputaran uang sangat tinggi,” kata Muchlis saat membaca Sambutan Bupati Benny Laos, Senin (21/5/2018).

Morotai dijadikan sebagai sektor kelautan dan perikanan, dunia perikanan yang maju dan berkelanjutan akan dimajukan demi kemajuan daerah. Pemerintah daerah mengharapakan kepada koperasi untuk bekerja sama dalam hal sektor perikanan dan kelautan.

“Pemerintah Indonesia tetap konsisten untuk selalu meluncur kan berbagai program kerja yang pro masyarkat dan hasilnya pun dirasakan serta dinikmati oleh seluruh masyarakat. Program pengembangan potensi kelautan dan perikanan dibawah tanggungjawab Kementerian Kelautan dan Perikanan,” tegasnya.

Pulau Morotai yang letak geografisnya sangat strategis baik pada level wilayah Maluku Utara maupun pada level nasional, turut mewarnai perhatian pemerintah untuk berupaya mewujudkan Morotai sebagai daerah pusat perikanan terpadu. (Aji/Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut