80 Persen Kendaraan Dinas Pemkab Halbar Termakan Usia

  • Bagikan
Kabid Aset BPKD Halbar, Mohammad Mathar

JAILOLO – Kendaraan dinas milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar) yang digunakan para pejabat, diperkirakan 80 persen telah termakan usia. Rata-rata kendaraan dinas tersebut usianya lebih dari 10 tahun, tetapi belum dilakukan pemutihan.

“Sudah 80 persen mobil yang ada sudah termakan usia 10 tahun keatas,” ungkap Kabid Aset BPKD Halbar, Mohammad Mathar kepada KabarMalut, Rabu (23/5/2018).

Menurutnya, pemutihan kendaraan dinas bisa dilakukan jika kendaraan tersebut usianya sudah lima tahun. Namun tetap harus memperhatikan kondisi kendaraan juga jika masih bagus dan belum ada penggantinya, kendaraan tersebut belum bisa dihapus sebagai asset daerah.

“Dilihat Iagi kondisi kendaran yang hendak diputihkan. Jika masih dalam kondisi bagus dan bisa dipakai, pemutihan bisa dimundurkan satu atau dua tahun, dari lima tahun bisa menjadi enam atau tujuh tahun, sesuai petunjuk Permendagri nomor 19 tahun 2016 tentang pengelolaan badan milik daerah,” terangnya.

Mobil dinas yang digunakan di lingkup Pemkab Halbar, sudah sangat layak diganti atau dilkukan pemutihan, karena usai kendaraan yang sudah menua tentu mempengaruhi pula biaya operasional lebih besar pula. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut