Pohon Tumbang Sebabkan Listrik Sering Padam di Sanana

  • Bagikan
Pohon kelapa tumbang dan menghantam jaringan listrik

SANANA – Beberapa bulan terakhir cuaca buruk disertai hujan dan angin kencang, sering menerpa wilayah Kepulauan Sula (Kepsul). Akibatya, banyak pohon tumbang dan mengenai jaringan listrik yang menyebabkan pemadaman secara serentak.

Kepala PLN Ranting Sanana, Yodhi Ayudya Wiwaha mengaku, faktor cuaca sering menyebabkan gangguan jaringan listrik. Karena tumbangnya pohon besar dan mengenai jaringan listrik hingga menyebabkan beberapa kali listrik padam secara tiba-tiba.

“Memang kondisi cuaca ini bukan rahasia lagi, masyarakat juga ketahui banyak pohon sering roboh dan kena jaringan listrik,” ungkap Yodhi kepada KabarMalut, Kamis (24/5/2018).

Ia menjelaskan beberapa kali listrik padam secara tiba-tiba bukan kesengajaan atau kelalaian melainkan murni kondisi alam yang tidak bersahabat. Sebab sementara  ini 4 unit mesin yang ada di PLTD Waikalopa dalam kondisi normal.

Selain itu, Kepala PLN juga berharap setiap penebangan pohon baik dari balai maupun Badan Lingkungan Hidup (BLH) ada ruang saling koordinasi sehingga bisa menciptakan suasana yang sinergitas antara semua pihak.

“Intinya saya tidak menyalahkan siapa-siapa, saya hanya minta kalau boleh apabila ada penebangan koordinasi harus diutamakan,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut