Tingkatkan Keahlian SDM, Bekraf Gelar Workshop Kerajinan Kain Tenun

  • Bagikan
Suasana Workshop dan Pelatihan, kerajinan kain tenun yang digelar Bekraf

JAILOLO – Untuk meningkatkan keahlian Sumber Daya Manusia (SDM) pada kearifan lokal di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melaksanakan Workshop dan Pelatihan, kerajinan kain tenun selama tiga hari yang berlangsung di Desa Gamtala Kecamatan Jailolo, berakhir Kamis (24/5/2018).

Kadis Pariwisata Halbar, Fenny Kiat mengatakan, workrshop dan pelatihan-pelatihan seperti ini akan merangsang dan menciptakan para pebisnis baru sekaligus meningkatkan keahlian Sumber Daya Manusia.

“Dalam kegiatan itu, peserta dibagikan dua kelompok belajar pola dan kelompok untuk desain,” ungkap Fenny kepada KabarMalut.

Aplagi dengan agenda seperti ini, lanjut Fenny, akan melahirkan para pebisnis di industri seni kriya kain tentunya akan membentuk satu ekosistem.

“Harapan saya ekosistem yang sudah terbangun dengan baik dan tumbuh matang menjadi sebuah industri dari hulu ke hilir,” harapnya.

Menurutnya, program ini dibuat tentunya atas dasar masih terbukanya peluang usaha kerajinan kain untuk dikembangkan oleh masyarakat Halbar dan tentunya untuk membantu, membina dan melatih masyarakat khususnya perajin industri seni kriya kain menjadi lebih profesional dengan memamfaatkan bahan baku menjadi bernilai ekonomi tinggi.

“Selain itu, akan muncul ide kreatif dari para perajin untuk mengembangkan desain kontemporer, serta paduan antara kontemporer dan klasik dan juga memotivasi para perajin yang lebih muda untuk melestarikan dan mengembangkan industri seni kriya kain,” tegasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut