Normalisasi Sungai Habiskan Rp 150 Juta DD Waekob

  • Bagikan
Pjs Kades Waekob, Djabida Tuheteru

WEDA – Pemerintah Desa Waekob Kecamatan Weda Tengah, Halmahera Tengah (Halteng) mengalokasikan anggaran Dana Desa (DD) sebesar Rp 150 juta untuk melakukan normalisasi sungai di desa setempat yang sering meluap jika musim hujan.

Pjs Kades Waekob,  Djabida Tuheteru mengaku, DD tahap pertama tahun 2018 yang dicairkan telah dilakukan pembayaran sewa alat berat excavator untuk pengerukan sungai yang sudah dangkal itu. Normalisasi perlu segera dikerjakan, karena ketika musim hujan tiba Desa Waekob sering tergenang air akibat luapan air di sungai tersebut.

“DD untuk tahap pertama sebesar hampir Rp150 juta dipakai untuk sewa alat berat excavator untuk normalisasi saluran air dengan rinciaan, sewa alat berat excavator dan satu unit mobil tronton buat angkut sebesar Rp 82 juta kepada PT Tekindo, karena biaya sewa excavator dihitung per jam Rp 350 ribu per jam, selama satu bulan atau 200 jam. Selain itu, ada juga biaya Bahan Bakar Minyak (BBM) jadi pembiayaan sekitar Rp 150 juta,” ungkap Djaida KabarMalut, Minggu (27/5/2018).

Menurutnya, alokasi DD untuk normalisasi sungai ini sebelum dilakukan pengajuan pencairan DD, pihaknya terlebih dahulu berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Halteng dan disetujui.

“DPMD setuju pemakaian alat berat untuk noramalisasi sungai yang berada di sekitar Desa Waekob. Karena sudah sekitar 10 tahun, sungai yang ada di sekitar Desa Waekob makin dangkal, kalau musim hujan saluran tidak bisa menampung air dan mengakibatkan banjir dan berdampak pada desa lain juga,” jelasnya.

Penggunaan alat berat dikarena jika normalisasi menggunakan manual maka memakan waktu yang cukup lama. Apalagi musim hujan akan tiba, sehingga dibutuhkan segera dilakukan normalisasi untuk menghindari banjir.

“Jadi kita pakai alat berat agar supaya cepat, karena cuaca sekarang sudah memasuki musim hujan,” pungakasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut