Kemensos Tangani Biaya Distribusi Rastra Sampai Kecamatan

  • Bagikan
Bupati Halbar, Danny Missy melaunching penyaluran Rastra ke Kecamatan se-Halbar

JAILOLO – Seluruh biaya transportasi distribusi Beras Sejahtera (Rastra) dari Perum Bulog, sebagai distributor telah dibayar lunas oleh Kementerian Sosial (Kemensos) sampai ke titik distribusi di Kecamatan.

“Semua biaya Rasta langsung ditangani Kemensos,” ungkap Kadis Sosial Halbar Samsuri Madjid, Senin (28/5/2018).

Dengan begitu, Perum Bulog akhirnya menyalurkan Rastra  bagi 142 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di Kecamatan Jailolo dan Sahu Timur, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar).

Sebelumnya beras kelas medium untuk 142 KPM di Jailolo dan Sahu Timur ini sempat tertunda penyalurannya selama tiga bulan yakni Maret sampai Mei 2018.  Namun, masalah ini sudah teratasi, seiring dengan penyaluran 86.490 kg beras kepada ribuan KPM di Halbar, termasuk ratusan KPM yang ada di dua kecamatan tersebut.

“Bahkan ribuan ton beras kelas medium tersebut sudah mulai disalurkan ke titik bagi di desa. Sesuai rekapan berita acara penyaluran beras, total KPM penerima di tiga kecamatan berjumlah 2.883 KPM,” terangya.

Ribuan KPM itu tersebar di 71 desa dalam wilayah Halbar, masing-masing Kecamatan Jailolo 34 desa dengan 1.757 KPM.  Kemudian Kecamatan Sahu, 638 KPM, yang tersebar di 19 desa dan Sahu Timur 18 desa dengan 488 KPM.

“Dengan demikian, seluruh KPM penerima bantuan Rastra telah menerima jatah beras sebanyak 5 bulan ( Januari – mei),” beber Samsuri.

Program penyaluran  Rastra ini, kata Samsuri, merupakan program nasional yang melekat di Kementerian Sosial RI. Oleh karena itu lanjut dia, seluruh biaya transporasi distribusi dari Perum Bulog, sebagai distributor telah dibayar lunas oleh Kementerian Sosial sampai ke titik distribusi di Kecamatan.

“Pemerintah Kabupaten diberi tanggung jawab menyalurkan ke titik bagi, jadi KPM tidak perlu khawatir, seluruh KPM yang sudah terdata sebanyak 8.473 KPM akan menerima jatah beras 10 kg per bulan,” urainya.

Penyaluran beras Rastra tahun 2018 di seluruh wilayah Indonesia masih kata Samsuri, mengacuh pada Kepmensos nomor; 9/HUK/2018 tentang penyaluran beras bagi masyarakat berpendapatan rendah.

“Melalui Kepmensos itu, biaya transportasi dan mobilisasi dari Perum Bulog sampai di titik distribusi di Kecamatan, sudah di talangi Kementerian Sosial,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut