Basarnas Ternate Siaga Lebaran dan Arus Mudik

  • Bagikan

TERANTE – Badan SAR nasional Kantor Pencarian dan Pertolongan  Ternate melaksanakaan apel siaga arus mudik lebaran Idul Fitri 1439 hijriah, dimulai tanggal 8 Juni hingga tanggal 23 Juni 2018, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di Provinsi Maluku Utara apabila terjadi kecelakaan laut.

“Kami mempersiapkan poresnil sebanyak 65 orang yang stand by setiap hari di beberapa posko yaitu sebanyak 7 posko di Bandara, Pelabuhan A. Yani, Pelabuhan Dufa-Dufa, Pelabuhan Bastiong, dan pelabuhan semut,” kata kepala Kantor SAR Ternate, Mustari SE, MM kepada KabarMalut, Kamis (7/6/2019).

Menurutnya, selama siaga lebaran setiap hari ada 23 orang personil yang bersiap menjaga, personil ini juga dilengkapi dengan peralatan khsusu untuk siap melaksanan pertolongan, bilamana terjadi kecelakaan di laut.

“Karena Maluku Utara ini adalah daerah kepulauan secara sisi banyak aktivitas masyarakat di perairan, oleh karena itu kami siapkan sarana berupa kapal ada 3 yang stand by ditambah 2 rit yang siap selalu memberikan pelayanan kepada masyarakat apabila terjadi suatu kecelakaan pelayaran di wilayah Provinsi Maluku Utara,” ujarnya.

Selain itu, Basrnas Ternate juga memberikan perhatian khusus kepada daerah yang rawan terjadi kecelakaan seperti rute penyebrangan Dufa-Dufa ke Jailolo dan sebaliknya, maupun daerah yang volume arus mudiknya tinggi juga mendapat perhatian khusus.

“Dari tahun ke tahun kita punya pengalaman bahwa pelabuhan pelabuhan utama yang menjadi titik sentral, kami jadikan perhatian khusus, jadi kami setiap pelabuihan siapkan personil SAR dengan peralatan khsusu,” jelasnya.

Dia menghimbau agar masyarkat saat melakukan mudik lebaran dapat memperhatikan keselamatan sehingga dapat mengurangi resiko apabila terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan.

“Masayrakat yang melaksanakan mudik dengan menggunakan transportasi laut agar memperhatikan peralatan keselamatan, untuk mengantisipasi apabila terjadi suatu kecelakan ada alat yang membantu,” imbaunya.  (Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut