H-1 Lebaran, Basarnas Ternate Lakukan Patroli Siaga

  • Bagikan
Kepala basarnas Ternate, Mustari saat melakukan patroli siaga mudik lebaran di Pelabuhan Mangga Dua Ternate

TERNATE – Provinsi Maluku Utara sebagai daerah kepulauan yang dikelilingi laut menjadi tantangan tersendiri bagi Kantor Pencarian dan Pertolongan Badan SAR Nasional (Basarnas) Ternate, terutama memasuki H-1 lebaran idul fitri 1439 hijirah, di mana terjadi lonjakan pengguna transportasi laut dari hari biasa, baik yang melakukan arus mudik ke kampung halaman maupun yang dari Pulau Halmahera dan sekitarnya yang datang berbelanja kebutuhan lebaran di Kota Ternate.

Hal ini membuat, Basrnas Ternate rutin melakukan patroli jelang H-1  di sejumlah pelabuhan penyebrangan di Kota Ternate, terlihat porsenil Basarnas disiagakan dengan peralatan lengkap di pelabuhan, seperti pelabuhan fery Bastiong Ternate, pelabuhan speedboat bastiong, pelabuhan semut mangga dua, pelabuhan dufa-dufa dan bandar udara sultan Babullah Ternate.

“Memasuki H-1 satu ini memang jumlah peudik sudah mulai berkurang namun  kami dari pihak Basarnas selalu memberikan jasa pelayanan mudik lebaran kepada pengguna jasa transportasi laut,” kata Kepala Basarnas Ternate, Mustari saat ditemui di Pelabuhan Semut Ternate, Kamis (14/6/2018).

Menurutnya, porsenil Basarnas selalu disiagakan pada tiap pelabuhan, dimana total ada 23 porsenil yang setiap hari siaga selama 24 jam untuk memberikan pelayanan mudik, selain porsenil Basarnas, dirinya juga menyebutkan peralatan pencarian dan pertolongan juga disiagakan bilamana terjadi kecelakaan laut.

“Kami tetap siaga ada 63 personil Basarnas yang berjaga pada mudik lebaran ini, secara bergantian ada 23 orang, kita siaga disejumlah titik,” ujarnya.

Sealain itu, dia juga menyebutkan ada 2 faktor yang sering menjadi penyebab kecelakaan laut, yaitu, faktor cuaca buruk, sehingga pengguna jasa penyebrangan laut diminta untuk tidak melakukan pelayaran hingga cuaca kembali membaik, kemudian dari kesiapan motoris speedboat agar memperhatikan alat keselamatan sebelum melakukan pelayaran.

“Dalam melaksanakan mudik lebaran ini agar memperhatikan keselamatan sehingga dapat diantisipasi sedini mungkin agar tidak terjadi kecelakaan, kita harapkan pada tahun ini aman selalu,” himbaunya. (Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut