Pastikan Tidak Curang, Panwaslu Morotai Pantau Seluruh TPS

  • Bagikan
Ketua Panwaslu Pulau Morotai, Murjat Hi Untung ketika melakukan pemantauan di salah satu TPS

DARUBA – Untuk mengantisipasi terjadi kecurangan dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara (Malut), Panwaslu Pulau Morotai, melakukan pemantauan secara langsung proses pencoblosan di seluruh TPS di 88 desa yang ada di 5 kecamatan.

“Walau sudah ada Panwascam tapi kami (Panwaslu Kabupaten) juga punya tanggungjawab untuk mengawasi secara langsung proses pemilihan ini, tujuannya hanya untuk memastikan agar tidak terjadi kecurangan di TPS. Makanya seluruh anggota Panwaslu serta staf kita bagi tugas untuk pantau di seluruh desa di lima kecamatan,” ujar Ketua Panwaslu Pulau Morotai, Murjat Hi Untung kepada wartawan, Rabu (27/6/2018).

Murjat sendiri melakukan pemantauan di wilayah Kecamatan Morotai Selatan Barat (Morselbar) di 15 TPS, yang dipantau tidak ditemukan adanya kecuarangan. Namun dirinya belum berani mengklaim proses pencoblosan di Kecamatan Morselbar tidak terjadi kecurangan, karena sejauh ini belum menerima informasi pantauan anggotanya di wilayah Pulau Rao.

“Pulao Rao hasilnya masih ditunggu, jadi saya belum bisa pastikan kalau Morselbar tidak ada kecuarangan,” jelasnya.

Namun, kata Murjat, dari 15 TPS yang sudah dipantaunya, ada 2 TPS yang ditemukan sangat menyulitkan para pemilih, lantaran sistem pencoblosannya menggunakan absen. Sehingga banyak pemilih yang mengeluh karena harus mengantri lebih lama.

“Tapi saya sudah sampaikan langsung ke pihak PPS, agar tidak terlalu menyulitkan pemilih jangan sampai ada pemilih yang bosan menunggu lalu tidak memilih, dan alhamdulillah akhirnya diubah. Tapi saya juga sampaikan ke Panwascam dan PPL agar terus mengawasi di setiap TPS jangan sampai ada masalah,” tuturnya.

Dari 15 TPS di Kecamatan Morselbar yang disinggahi, terlihat proses pemilihan berjalan aman dan lancar. Warga yang datang untuk memberikan hak suara di tiap-tiap TPS juga cukup banyak sehingga dipastikan jumlah pemilih yang golput tidak signifikan. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut