AHM Gubernur Baru Maluku Utara

  • Bagikan
Paslon AHM-RIVAI

TERNATE – Meski perhitungan surat suara hasil pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara (Malut) kini masih berlangsung di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Namun hasil Pilkada Malut sudah bisa diketahui pemenangnya.

Berdasarkan hasil real count pada Sistem Informasi Perhitungan Suara (Situng) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU), yang tayangkan di website https://infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018/hasil/cepat/t1/list/nasional data yang berhasil diinput sebanyak 2.126 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari 2.137 TPS atau 99,49 persen. Pasangan AHM-RIVAI berada pada posisi teratas dengan memperoleh suara 176.019 atau 31,94 persen.

Posisi kedua ditempati Paslon Abdul Ghani Kasuba-M Al Yasin Ali (AGK-YA) dengan perolehan suara 167.453 atau 30,38 persen. Disusul Paslon Burhan Abdurrahman-Ishak Jamaludin (BUR-JADI) dengan suara 143.151 atau 25,97 persen dan Palon Muhamad Kasuba-Abdul Madjid Husen (MK-MAJU) 64.498 atau 11,70 persen.

Sementara formulir C-1 KWK yang belum diinput ke Situng masih tersisa 11 TPS yang tersebar di Halmahera Selatan (Halsel) dan Halmahera Utara (Halut). Data tersebut diatas dipastikan AHM-RIVAI dipastikan menjadi pemenang Pilgub serta berhak menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Malut untuk periode 2019-2023.

Sementara itu, Cagub Malut Ahmad Hidayat Mus mengatakan,  kemenangan dirinya dengan RIVAI merupakan kemenangan masyarakat Malut. Ini benar-benar pilihan dan perjuangan masyarakat yang sangat murni.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Maluku Utara mulai dari Morotai sampai Taliabu atas kepercayaan dan amanah yang telah disampaikan melalui forum demokrasi tanggal 27 Juni. Kami menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Malut,” kata AHM kepada wartawan di kediamannya, Jumat (29/6/2018).

Meski hasil real count menempatkan dirinya sebagai peroleh suara terbanyak, namun AHM-RIVAI tetap menghargai proses perhitungan yang kini sedang berlangsung dan akan diputuskan KPU pada tanggal 7-9 Juli 2018 mendatang.

“Kita harus menunggu real count yang akan disampaikan KPU tanggal 7-9, namun bagi kami tidak akan  berubah karena data hari ini data yang masuk telah mencapai 99 persen minus beberapa daerah yang merupakan kantong AHM-RIVAI,” jelasnya.

AHM-RIVAI berjanji tetap komitmen di masa kepemimpinan mereka bakal membawa Malut lebih baik tanpa pandang bulu. Pembangunan akan dilakukan mulai dari Morotai sampai ke Pulau Taliabu sebagaimana dijanjikan pada proses kampanye sebelumnya.

Untuk para pendukung AHM-RIVAI, AHM mengimbau untuk tidak euforia berlebihan karena kemenangan AHM-RIVAI merupakan kemenangan seluruh rakyat Malut.

“Saya berharap kepada semua pendukung, simpatisan AHM-RIVAI jangan euforia berlebihan, mari kita bersukur saja kepada Allah SWT kita menjaga keberhasilan perjuangan ini untuk Maluku Utara Juara,” pungkasnya. (rdx)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut