Gandeng Komunitas Ternate, BPCB Malut Lakukan Workshop Dokumentasi dan Publikikasi

  • Bagikan
Foto bersama peserta dan pemateri workshop dokumentasi dan publikasi (Foto/Risno)

TERNATE – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Maluku Utara melakukan kegiatan workshop dokumentasi dan publikasi dengan tema Pulau 1000 benteng, yang diikuti oleh sejumlah komunitas yang ada di Kota Ternate yang berlangsung di ballroom muara hotel, Sabtu (7/7/2018).

“Kegiatan ini sebagai upaya kita untuk mempublikasikan cagar budaya di Provinsi Maluku Utara yang jumlahnya cukup banyak, dengan cara melibatkan komunitas-komunitas yang ada di Ternate,” kata Kepala BPCB Malut, Muhammad Husni.

Menurutnya, upaya pelesatarian dan pemanfaatan cagar budaya sangat efektif jika melibatkan komunitas yang merupakan bagian dari masyarakat untuk turut menjaga dan memanfaatkan cagar budaya yang ada di Kota Ternate dan sekitarnya.

“Workshop ini diharapkan pesertanya yang merupakan anggota komunitas dapat membuat konten menarik tentang cagar budaya sehingga dengan konten tersebut dibulikasikan di media sosial sehingga dikenal oleh dunia luar,” ujarnya.

Sejumlah pemateri berkompeten  didatangkan untuk memberikan pelatihan pembuatan konten yang menarik dan pemahaman soal cagar budaya, diantaranya Ketua Umum Asosiasi Antropologi Indonesia, Idham Bachtiar Setiadi, pakar telematika dan konsultan sosial media, Abang Edwin S Agustin, fotografer senior dan direktur foto lassak imaji, Tagor M Siagian serta Dede Atun Munawaroh.

“Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah komunitas seperti Jarkot, Ternate Hertage Society, Literasi jalanan, KNPI Kota Ternate,” ungkapnya. (Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut