Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru, UNHENA Periksa Kesehatan Masyarakat Gratis

  • Bagikan
Pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis dalam acara sosilisasi Penerimaan Mahasiswa Baru UNHENA

TOBELO – Universitas Hein Namotemo (UNHENA) Tobelo, melakukan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun ajaran 2018-2019 dengan disertai pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat Halmahera Utara (Halut).

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UNHENA Tobelo, Gufran Usman mengatakan, sosilisasi yang dilakukan di Desa Kusuri Kecamatan Tobelo Barat itu, cukup banyak peminatnya. Bahkan bukan hanya warga Desa Kusuri dan sekitarnya ikut hadir, melainkan juga warga dari Kao Barat yang sedang beraktivitas jual beli di Pasar Kusuri pun hadir.

“Awalnya sebahagian warga tidak mengatuhi bahwa ada pemeriksaan kesehatan gratis yang kami dari UNHENA lakukan, hanya saja warga melihat ada keramaian di seputaran pasar, sehingga warga mulai datang mendaftarkan diri untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan, bahkan ada warga yang baru saja pulang dari kebunpun langsung ikut pemeriksaan kesehatan gratis ini,” kata Gufran kepada KabarMalut, Selasa (10/7/2018).

Warga antusias melakukan pemeriksaan kesehatan gratis yang dilakukan UNHENA

Menurutnya, pemeriksaan kesehatan gratis hari ini terdiri dari pemeriksaan tensi dan tes metabolik (asam urat, gula darah, dan kolesterol). Untuk asam urat dan gula darah panitia menyiapkan obat sebanyak 50 strip, sedangkan kolesterol karena stripnya mahal dan jarang persediaannya hanya disiapkan 25 strip.

“ Tujuan diselenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis ini bukan hanya semata-mata atau sekedar ajang sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2018, tetapi juga penting untuk mensosilisasikan kepada masyarakat di sekitar Tobelo Barat tentang pentingnya kesehatan,” ucapnya.

Tim kesehatan yang turunkan UNHENA sebanyak lima orang, diantaranya 4 mahasiswa Keperawatan UNHENA serta Dosen Keperawatan UNHENA. Alasan dilakukan pemeriksaan kesehatan dengan tes metabolik karena sekarang isu peningkatan penyakit tidak menular (degeneratif) yang disebabkan oleh pola hidup yang tidak baik.

“Biasanya masyarakat kurang menyadari tentang hal itu, baru ketahuan setelah gula darah dan asam uratnya sudah tinggi. Dengan pemeriksaan metabolik ini diharapkan masyarakat akan semakin menyadari sejak dini tentang pentingnya kesehatan,” jelasnya.

Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UNHENA yang menggelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Sementara itu,  Kepala Desa Kusuri, Yustus Taarungan menuturkan, pemeriksaan kesehatan gratis ini sangat bermanfaat bagi warganya.

“Saya selaku Kades berterima kasih kepada Panitia PMB UNHENA atas pemeriksaan kesehatan gratis di Desa kami, rasanya sangat membantu sekali, semoga kerjasama yang saling menguntungkan seperti ini terus dilaksanakan kedepan demi generasi kita semua,” harapnya .

Pemeriksaan kesehatan gratis hari ini adalah bentuk kerja sama antara Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2018 UNHENA dengan Tim Kesehatan dari Prodi Keperawatan UNHENA. Program ini selanjutnya akan kembali dilaksanakan di daerah Galela dan sekitarnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut