5 Peserta Gugur Seleksi Berkas Bawaslu Kepsul

  • Bagikan
Ketua Timsel Zona I, Muamir Sunan

SANANA – Seleksi Bawaslu Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) diawali dengan seleksi berkas oleh Panitia Seleksi (Pansel). Dari 20 peserta yang mendaftar, 5 diantaranya dinyatakan gugur dan tidak berhak lagi mengikuti seleksi tahap selanjutnya.

Ketua Timsel Zona I, Muamir Sunan menuturkan, 5 pesera yang gugur seleksi berkas dinilai karena belum memiliki pengalaman dalam kepemiluan.

“Lima orang peserta seleksi Bawaslu Kepsul itu tidak lulus karena mereka tidak memiliki pengalaman kepemiluan sama sekali,” kata Muamir saat dikonfirmasi KabarMalut, via telepon Kamis (12/7/2018).

Muaimir juga menjelaskan bahwa ketentuan kuota sudah ditetapkan Bawaslu RI dengan rumus 4×3+3 termasuk 3 orang Komisioner aktif dan berlaku bagi semua kabupaten/kota. Sementara ketentuan penilaiannya berbeda-beda sesuai jenjang pendidikan terakhir, lulusan SMA skornya 1, S1 skornya 3, S2 skor 4 dan S3 skornya 6.

“Meski lulusan SMA tapi punya pengalaman menjadi penyelenggara dengan bukti SK, maka nilainya dua setiap SK, jadi kalau dia bekerja dua kali, maka dua SK dan nilainya 4 tambah satu ijazah SMA maka nilainya 5. Hal ini karena pada Bawaslu kita tidak lihat seberapa tinggi pendidikannya, tapi yang kita lihat adalah pengalaman kepemiluan yang pernah dilaluinya,” jelas Muamir.

Sementara 15 peserta yang lolos berkas, lanjut Muamir,  akan mengikuti tahapan tes CAT pada tanggal 21 Juli 2018 nanti. Tahapan seleksi akan terus dilakukan hingga tersisah 3 orang yang akan dinyatakan sebagai Komisioner Bawaslu Kabupaten. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut