HIMPI Haltim Minta Pemkab Selesaikan Ganti Rugi Tanaman Warga Maba Utara

  • Bagikan
Rapat harian HIPMI Haltim di Jakarta, membahas sejumlah persoalan yang terjadi di Haltim

MABA – Masyarakat Maba Utara, beberapa waktu lalu telah melakukan pemboikotan aktifitas pembangunan jalan akibat belum dilakukan ganti rugi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Timur (Haltim). Himipunan Pelajar Mahasiswa Indonesia (HIPMI) Haltim di Jakarta, meminta agar Pemkab secepatnya menyelesaikan persoalan tersebut.

Ketua Umum HIPMI di Jakarta, Jaidi Abdul Ghani mengatakan, pembangunan infrastruktur jalan dari Maba Utara patut dipertanyakan oleh kalangan masyarakat khususnya masyarakat Maba Utara. Mulai tahap penggusuran telah memicu kemarahan warga setempat dan terjadi pemboikotan aktifitas pembangunan karena  beberapa tanaman warga yang terkenal gusuran tidak dilakukan ganti rugi oleh pemerintah.

“Jadi melalui rapat harian HIPMI Haltim Jakarta tanggal 8 Juli 2018, bertempat di tugu proklamasi, diharapkan kepada Pemkab  agar secepatnya menyelesaikan proses permasalaan tuntutan hak rakyat yang belum dipenuhi pemerintah. Sehingga tuntutan tersebut tidak berkepanjangan dan memicu kemandetan proses pembangunan,” ungkap Jaidi kepada KabarMalut, Kamis (12/7/2018).

Warga Maba Utara memboikot pembangunan jalan karena belum dilakukan ganti rugi oleh Pemkab Haltim

HIPMI Haltim di Jakarta selalu mengikuti perkembangan daerah dan isu-isu sosial yang terjadi di Haltim akhir-akhir ini. Pemboikotan jalan oleh warga setempat dinilai wajar dan logis. Sebab pemerintah tidak membayar ganti rugi tanaman masyarakat yang terkena penggusuran.

“Pembangunan infrastruktur jalan hal wajib bagi pemerintah daerah, namum bila mana ruang lingkup mata pencaharian masyarakat digusur tanpah ada jaminan sosial, maka akan melemahkan kehidupan individu masyarakat yang memiliki ketergantungan ekonomi lemah. Sehingga  akan memicuh reaksi kemarahan seperti yang terjadi di dua desa yang berada di bagian Maba Utara antara Desa Sosolat dan Lolasita,” pungkasnya.  (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut