Dihantam Ombak, Kapal Tujuan Bitung 3 Hari Terombang Ambing

  • Bagikan
Kapal Nelayan tujuan Bitung yang terombang ambing di laut saat ditemukan Tim Rescue Basarnas Ternate

TERNATE – Sebuah Kapal Nelayan 5 GT dari Ternate tujuan Bitung, Sulawesi Utara terombang-ambing di laut selama tiga hari akibat dihantam ombak besar yang mangakibatkan kerusakan pada bagian mesin.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate, Mustari mengatakan, kapal nelayang yang baru saja selesai diproduksi di Kelurahan Fitu, Kota Ternate ini, 10 Juli 05.30 WI berlayar menuju Bitung dengan 3 orang penumpang. Namun sesampainya di perairan Batang Dua, mendapat cuaca buruk sehingga kapal mengalami kerusakan mesin yang menyebabkan kapal terombang-ambing.

“Selama tiga hari terombang ambing, salah satu korban bernama Alex, sekira pukul 00.15 WIT dini hari tadi menghubungi keluarganya dan menceritakan kejadian tesebut sekaligus melaporkan posisi terakhir kapal berada di koordinat 01°13’24″N – 127°11’35.7″E di sekitar perairan Halmahera Barat (Halbar),” kata Mustari kepada KabarMalut, Jumat (13/7/2018).

Basarnas Ternate mengevakuasi kapal nelayan yang kerusakan mesin ke Ternate

Sekira pukul 06.25 WIT tadi, Com Centre Basarnas Ternate menerima laporan dari bapak Muhlis (keluarga korban) atas kejadian yang dialami keluarnya, sehingga langsung mengambil tindakan dengan mengirim Tim Rescue Basarnas Ternate bergerak menuju koordinat Last Known Position (LKP) menggunakan kapal KN SAR 237 Pandudewanata.

“KN SAR 237 Pandudewanata tiba di Koordinat Entry Point Search Area dan melakukan proses pencarian dengan menggunakan metode Creeping Line Search dengan track spacing 3,5 Nm. Sekira satu jam kemudian, Tim Rescue berhasil menemukan Kapal Nelayan tersebut di koordinat 01°06.520’N – 127°14.573’E (7,66 Nm arah 155,44° dari Koordinat terakhir kapal) terombang-ambing di Perairan Jailolo dengan seluruh penumpang dalam keadaan selamat,” ucapnya.

3 penumpang (tengah) kapal nelayan yang berhasil dievakuasi Basarnas Ternate

Kapal berserta tiga orang penumpannya masing-masing Alex (31) warga Fitu, Abu Salha (35) warga Kotabaru dan Abil (28) warga Fitu, kemudian  dievakuasi ke Ternate. (rdx)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut