Resmi Daftarkan Caleg ke KPU, NasDem Target Menang Pileg di Malut

  • Bagikan
Ketua DPW Partai NasDem Malut, Ishak Naser bersama Pengurus DPW dan DPD Kota Ternate, saat menggelar Konferensi Pers

TERNATE – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Maluku Utara  (Malut), sore tadi resmi mendaftarkan Calon Legislatif (Caleg) Pemilu 2019 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ketua DPW Partai NasDem Malut, Ishak Naser menuturkan, target NasDem menjadi pemenang Pileg 2019 di Malut, NasDem optimis karena bergerak secara sinergi dan linier mulai dari DPR RI hingga DPRD provinsi dan kabupaten/kota. Meski Pemilu tahun 2014, peroleha suara Partai NasDem mulai dari daerah sampai pusat tidak sama persis, tapi bisa dikatakan linier.

“Kita bergerak menurut system kepartaian yang kita jalankan, jadi tidak bergera secara orang per orang. Persoalan siapa terpilih itu persoalan kemudian, karena sudah ditakdirkan yang maha kuasa siapa yang duduk di situ, tetapi jumlah kursi wajib kita penuhi,” kata Ishak didamping Sekertaris Helmi Umar Muksin Pengurus DPW Malut dan DPD Kota Ternate kepada wartawan, Senin (16/7/2018).

Khusus kursi DPRD Provinsi, lanjut Ishak, kini Partai NasDem mengantarkan 5 orang perwakilanya pada Pileg 2014 silam. Untuk 2019, ditargetkan jumlah perolehan kursi di DPRD Provinsi meningkat menjadi 9.

“Kalau secara matematis idealnya 10, tetapi secara realistis kita memasang target 9 kursi dari 5 jadi 9 kursi. Jadi penambahan di Dapil I, II, III dan IV untuk V bukan berarti kita tidak bisa menambah kursi, potensi tetap ada tinggal cara kerjanya,” terang Ishak.

Sekertaris DPW Partai NasDem Malut, Helmi Umar Muksin menyerahan Berkas Caleg DPRD Provinsi ke KPU Malut

Sementara perolehan kursi DPRD kabupaten/kota yang saat ini berjumlah 21 kursi, ditargetkan 2019 nanti bertambah menjadi 48 kursi dari 31 Dapil yang tersebar di 10 kabupaten/kota se-Malut.

“Saat ini perolehan kursi dari Partai Nasdem 21 kursi di DPRD kabupaten/kota, target kita kedepan 48 kursi. Jadi kita diminta mencapai target menambah 27 kursi di kabupaten/kota yang tersebar pada 31 dan 5 Dapil provinsi itu target kita 9 kursi,” jelasnya.

Pendaftaran Caleg ke KPU untuk Caleg DPRD Provinsi sebanyak 45 orang terdiri dari 29 orang Caleg laki-laki dan 16 Caleg perempuan. Khusus Caleg perempuan sendiri, secara matematis itu sudah mencapai 35,5 persen atau sudah melebihi kuota 30 persen yang diamanatkan UU.

“Kemudian kabupaten/kota sesuai kroscek kita dari tadi malam sampai siang ini, kita punya 31 Dapil kabupaten/kota, jumlah Caleg seluruhnya 240, seluruhnya terisi demikian pula keterwakilan 30 persen dari masing-masing Dapil. Dengan demikian, maka seluruh Caleg yang kami daftarkan sebanyak 285 untuk provinsi dan kabupaten/kota,” ucapnya.

Optimism menjadi pemenang ini karena tahun 2014 silam Partai NasDem hanya memilki waktu 1 tahun nenghadapi Pemilu tetapi berhasil mendulang suara yang signifikan. Sementara Pemilu 2019 NasDem sudah sangat siap karena 5 tahun lamanya.

Menyangkut dengan syarat pencalonan, Partai NasDem dinyatakan memenuhi syarat. Jika verifikasi KPU masih terdapat syarat kelengkapan belum lengkap, akan segera dilengkapi sesuai jadwal perbaikan yang ditetapkan KPU. (rdx)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut