PMII Minta Polda Tidak Intervensi KPU dan Bawaslu

  • Bagikan
Ketua PMII Cabang Ternate, Bahrun Mustafa

TERNATE – Pelaksanaan Pemilihan gubernur dan wakil gubernur Maluku Utara (Malut) tahun 2018, berjalan aman dan sukses. Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Ternate, memberikan apresiasi kepada KPU dan Bawaslu yang telah mengubah opini Pilkada di Malut yang sering dianggap paling kacau.

“Pelaksanaan pesta demokrasi Maluku Utara yang dilaksanakan oleh KPU dan Bawaslu Malut patut kita apresiasi, karena berjalan dengan lancar dan aman sampai selesainya tahapan. Kami selaku Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia juga memberikan apresiasi kepada TNI-Polri serta seluruh elemen maupun OKP yang telah mengawal Pilkada Malut sampai selesai tanpa ada kegaduhan seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Ketua PMII Cabang Ternate, Bahrun Mustafa kepada KabarMalut, Kamis (19/7/2018).

Menurutnya, hal ini sejalan dengan amanat UUD 1945 bahwa Indonesia sebagai negara demokrasi berdasar hukum sekaligus negara hukum yang demokratis. Hukum yang demokratis merupakan instrumen yang kuat untuk mengarahkan sekaligus memberikan kerangka supaya demokrasi berjalan selaras dengan tujuan berbangsa dan bernegara.

“Warga pergerakan meminta KPU dan Bawaslu agar tetap menjaga netralitas penyelengara untuk kepentingan masyarakat Maluku Utara,” jelasnya.

PMII Cabang Ternate juga meminta Polda Malut mampu menjaga netralitas dalam menjalankan tugas dan tidak perlu mengintervensi kegiatan-kegiatan KPU dan Bawaslu, karena jelas diatur dalam UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

“Untuk menjaga tidak ada kegaduhan maka kami secara institusi meminta KPU dan Bawaslu agar tetap netral dan Polda Malut tidak perlu mengintervensi kegiatan-kegiatan penyelengara,” ucapnya.

Selain itu, PMII juga meminta seluruh stakeholder mendukung KPU dan Bawaslu agar tetap menjalankan sesuai dengan aturan penyelengara.

“Kami juga meminta kepada  Kapolda agar kita sama-sama menjaga keamanan dan jangan mengintervensi KPU dan Bawaslu , untuk menjalankan tugasnya sesuai dengan UU nomor 7 tahun 2017,” tutupnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut