Diperiksa Polisi, Irwan Akui Wartawan Ikut Gunakan SPPD Bawaslu

  • Bagikan
Sekertaris Bawaslu Malut, Irwan M. Saleh

TERNATE – Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Maluku Utara, memeriksa Sekertaris Bawaslu Malut, Irwan M Saleh dalam kasus dugaan korupsi penyalagunaan anggaran Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) di Bawaslu Malut tahun 2018.

Sekertaris Bawaslu Malut, Irwan M Saleh menjelaskan, pemeriksaan dirinya terkait adanya laporan masyarakat tentang penyalahgunaan perjalanan dinas dan uang makan di Bawaslu Malut. Penyidik melontarkan 10 petanyaan salah satunya siap saja yang menggunakan SPPD Bawaslu.

“Tadi kurang lebih ada 10 pertanyaan yang ditanyakan salah satunya terkait siapa saja yang melaksanakan perjalanan dinas di Bawaslu Provinsi, saya jelaskan yang melaksanakan perjalanan dinas mulai dari unsur komisioner yakni ketua dan anggota, kemudian pejabat sekretariat mulai dari saya (Sekertaris) kepala sekretariat sampai pejabatnya, staf sekretariat, personil Gakkumdu dan stakeholder,” ucap Irwan saat dikonfirmasi sejumlah wartawan usia melakukan pemiriksaan Senin, (23/7/2018)

Irwan mengaku, stakeholder yang dimaksud, terdiri dari wartawan dan pemantau Pemilu, untuk membantu tugas pengawasan Bawaslu. Sedangkan untuk Gakkumdu sendiri terdiri dari personil Kepolisian, Kejaksaan dan Anggota Bawaslu yang bertugas turun ke wilayah masing-masing memastikan proses penanganan pelanggaran pidana.

“Semua perjalanan dinas yang dilakukan baik komisioner, pejabat sekertariat, stakholder maupun Gakkumdu telah sesuai prosedur dan dapat dipertangung jawabkan,” jelasnya.

Sebagai Kepala Sekretariat, Irwan yakin sudah melakukan tugas sesuai dengan kewenangan yakni setiap undangan ataupun permintaan untuk perjalanan dinas tentu dilihat dari  urgensinya.

“Kalau hal itu bersifat urgensi maka akan disampaikan kepada pengelola anggaran untuk dibayarkan,” ucapnya. (Cim/Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut