KPU Beri Kesempatan Parpol Lengkapi Berkas Caleg

  • Bagikan

SANANA – Komisi Pemilhan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) telah menerima usulan Calon Legislatif (Caleg) dari 16 Partai Politik (Paepol) peserta Pemilu 2019. Tercatat sebanyak 391 Caleg didaftarkan untuk empat daerah pemilihan (Dapil).

Ketua Devisi Tekhnis KPU Kepsul, Ramli K Yakub menyampaikan 16 Parpol peserta Pemilu telah memasukan seluruh dokumen pokok dan dokumen yang lain seperti SKCK para Caleg dan administrasi lainnya. Namun sebagian Parpol belum melengkapi syarat administrasi para Caleg yang diusulkan.

“Dokumen-dokumen partai sudah dimasukkan, namun saja sebagian belum rampung atau masih kurang,”  kata Ramli kepada KabarMalut, Senin (23/7/2018).

Sesuai ketentuan, KPU telah memberikan kesempatan waktu perbaikan dokumen partai dan Caleg selama 10 hari, mulai dari tanggal 22-31 Juli serta akan memverifikasi berkas setiap Caleg sebagaimana ketentuan PKPU nomor 20 tentang Pencalonan. Dimana dijelaskan setiap Caleg tidak diharuskan terlibat dalam masalah hukum diantaranya adalah Narkoba, Korupsi dan Kekerasan seksual.

“Kami juga akan memastikan perampungan data partai politik dan Caleg selama 10 hari dari 22-31 Juli mendatang, serta pada bulan Agustus Kami juga akan meminta tanggapan masyarakat tentang Caleg terkait upaya memastikan persoalan Narkoba,” tutup Ramli.

Perlu diketahui, 391 Caleg ke-16 Parpol terdiri dari Dapil I sebanyak 126 orang, Dapil II  113 orang, Dapil III 79 dan Dapil IV 73 orang. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut