Realisasi DD Tahap Pertama Selesai

  • Bagikan
Kepala DPMD Pulau Morotai, Nursina Kadir

DARUBA – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pulau Morotai, Nursina A Kadir, mengatakan sejauh ini realisasi Dana Desa (DD) 2018 untuk 88 desa telah selesai. Kini DPMD telah merealisasi anggaran untuk tahap dua.

“Realisasi DD semuanya tiga tahap, tahap pertama 20 persen sudah selesai, sekarang masuk tahap ke dua 40 persen.  Nanti setelah tahap ke dua ini baru masuk pada tahap ke tiga 40 persen,” ungkap Nursina saat ditemui KabarMalut di Kantor Bupati, Senin (23/7/2018).

Dengan begitu, lanjut Nursina, penyerapan anggaran DD dalam satu desa sudah sudah berkisar diangka Rp 400 juta sampai dengan Rp 600 juta.  Karena DD kan berfariasi, ada Rp 1 miliar, ada yang Rp 900 juta dan ada yang Rp 800 juta, kalau sudah 60 persen berarti sudah Rp 400 sampai Rp 600 juta.

“Dalam realisasi tahap pertama, sejauh ini tidak ada masalah, sehingga lanjut tahap kedua,” jelasnya.

Sementara untuk Alokasi Dana Desa (ADD), kata Nursina, realisasi setiap bulan berjalan. Itu artinya, realisasinya ADD sudah pada tahap 70 persen.

“ADD tidak terlalu masalah karena itu hanya untuk membayar tunjangan Pemerintah Desa saja,” ungkapnya.

Nursina mengaku, pihak bakal melakukan monitoring program pemerintah Pulau Morotai terkait dapur sehat di setiap desa apakah sudah selesai dibangun atau belum.

“Nanti saya monitoring terun lagsung untuk melakukan pengecekan,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut