Dana BUMDes Diduga Bermasalah, Bupati Minta Mantan Kepala DPMD Tanggungjawab

  • Bagikan
Mantan Kepala DPMD Pulau Morotai, Basri Hamaya

DARUBA – Penyaluran anggaran program unggulan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)  2017-2018 pada sejumlah desa di Kabupaten Pula Morotai diduga bermasalah. Hal ini terungka dengan beredarnya Screen Capture pesan WhatsApp diduga milik Bupati Benny Laos kepada mantan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Basri Hamaya yang tersebar di media social (Medos).

Dalam percakapan itu, Bupati Benny nampak geram kepada Basri Hamaya karena mencairkan anggaran BUMDes diluar aturan, sebab system dan bangunan BUMDes belum ada namun Basri berani mencairkan anggaran. Bahkan Benny meminta Basri siap mempertanggung jawabkan perbuatannya di hadapan penegak hukum.

“Basri segera ke mabes.. dan siapkan data untuk pertanggung jawaban dana BUMDES.. kenapa di lakukan diluar aturan yang sudah disepakati.. seluruh desa binaan saya perintahkan telusuri semua dana BUMDES yang cairkan Basri hamaya.. dana BUMDES di pakai untuk modal usaha desa.. semua sistim belum ada..bangunan belum ada ..dicairkan dasar apa Basri???? Harap saudara pertanggung jawabkan semua segeraaaaaa…,” tulis Benny dalam pesan WhatsApp beredar, Selasa (24/7/2018).

Screen Capture pesan WhatsApp diduga milik Bupati Benny Laos yang bederar di Medsos

Basri Hamaya saat dikonfirmasi terkait pesan WhatsApp yang beredar enggan  memberikan tanggapan lebih jauh dan hanya mengaku sudah mengetahui maksud wartawan.

“Sudah saya sudah tahu, apa yang kalian (wartawan) mau tanya,  jadi nanti saja ya,” singkat Basri sembari meninggalkan awak media.

Terpisah Kepala DPMD Pulau Morotai, Nursina Kadir menolak menanggapi pesan yang viral di Medsos itu. Dirinya mengaku bakal turun langsung ke lapangan untuk mencari tahu langsung informasi tersebut.

“Jadi perlu saya tegaskan,  bahwa turun untuk lakukan penulusuran bukan berarti anggarannya bermasalah atau tidak,  tapi karena saya juga baru menjabat, untuk itu saya harus ke lapangan untuk mencari tahu langsung anggota BUMDes sudah terbentuk apa belum,” singkatnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut