Hamil Muda, Satu JCH Asal Halut Terpaksa Dipulangkan

  • Bagikan
JCH asal Halut, Rita Hamzah Yusuf (kiri) gagal berangkat karena hamil

TERNATE – Seorang Jamaah Calon Haji (JCH) asal Halmahera Utara (Halut) yang tergabung dalam Kloter 9 batal diberangkankan ke tanah suci dan terpaksa dikembalikan ke daerah asalnya karena dalam kondisi hamil.

Kepala Seksi Sistim Informasi Haji Kanwil Kemenag Maluku Utara, Tamhid Abubakar mengatakan jamaah asal Halut bernama Rita Hamzah Yusuf diketahui hamil setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim kesehatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan.

“Ibu Rita Hamzah Yusuf Jamaah asal Kabupaten Halut tunda berangkat karena hamil,” kata Tahmid kepada KabarMalut via WhatsApp, Rabu (25/7/2018).

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) terpaksa harus mengembalikan Rita ke daerah asalnya karena kondisinya tidak memungkinkan untuk menunaikan ibadah haji pada musim haji tahun 2018.

“Insya Allah hari ini kembali ke Ternate besama PPIHD Maluku Utara dengan Batik Air,” jelasnya.

Larangan jamaah usia kandungan muda telah diatur dalam ketentuan mengenai pemberangkatan haji, dimana JCH yang memiliki usia kandungan belum mencapai 14 minggu hingga 26 minggu tidak dapat diberangkatkan ke tanah suci.

“Usia kandungan masih terlalu muda dan sangat rentan jika tetap diberangkatkan ke tanah suci,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut