Proyek Palapa Ring Tersambung ke Kepsul

  • Bagikan
Kadis Kominfo Kepsul. Ihwanudin Umasangadji (tengah) saat menemui Tim Pemasangan kabel optik Bawah Laut oleh Kapal CS Nusantara Perkasa Explorer yang tiba di Kepsul

SANANA – Program Pemerintah Pusat terkait perluasan jaringan informasi dan komunikasi akan segera dirasakan masyarakat di Kepulauan Sula (Kepsul). Hal ini ditandai dengan masuknya Kapal CS Nusantara Perkasa Explorer yang mengangkut matrial sekaligus mengerjakan pemasangan kabel serat optik bawah laut untuk proyek Palapa Ring Kemenkominfo di Kepsul.

Kabel bawah laut ini sudah ada dua yang dipasang di laut Kepsul, satunya milik Telkom dengan titik andingnya di pantai Desa Fogi dan satunya lagi milik Kemenkominfo yang ditanamai Palapa Ring tersebut. Optik pada proyek Palapa Ring sendiri memiliki kekuatan 100 GB dan dapat diakses oleh semua jaringan seluler baik Telkomsel, Indosat, Esia dan lain sebagainya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kepsul, Ihwanudin Umasangadji yang mendapat informasi Kapal Nusantara Perkasa Explorer tiba langsung menemui tim di lokasi tepatnya di pantai Desa Waihama.

“Program Kabel serat optik Bawah Laut yang masuk di Kepsul ini merupakan sebuah keberuntungan bagi Pemda Kepsul dalam memberikan pelayanan internet bagi masyarakat di dunia digital ini,” kata Ihwanudin kepada KabarMalut, Rabu (25/7/2018).

Ia juga menjelaskan bahwa dari pusat telah dibagi per paket untuk mengaliri kabel serat bawah laut milik Kemenkominfo tersebut, yaitu terdiri dari paket barat, paket timur dan paket Tengah. Sementara Kepsul sendiri berada di paket tengah yang kabelnya dialiri dari laut Sulawesi Tengah menuju Taliabu dan langsung dialiri ke Kepsul.

“Kabel serat bawah laut di Kepsul ini akan dipasang dahulu di perairan khususnya di perkotaan.” Lanjutnya.

Ihwanudin juga menjelaskan bahwa Pekerjaan pemasangan kabel optik sudah dimulai hari ini, karena sebahgian kebutuhan masih dalam perjalanan maka kurang lebih tiga minggu barulah pekerjaan kelar dilaksanakan. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut