Tanggapi Pernyataan Mochtar Adam, Nursina: Rekomendasi Itu Artinya Pengendalian

  • Bagikan
Kepala DPMD Pulau Morotai, Nursina Kadir

DARUBA –  Kebijakan Pemda Kabupaten Pulau Morotai mengwajibkan pencairan anggaran Dana Desa (DD) oleh Pemerintah Desa (Pemdes) harus ada rekomendasi dari Pemda yang disorotan Praktisi Ekonomi Unkhair Ternate, Mochtar Adam karena Pemda membuat aturan melebihi kewenanga, kini ditanggapi Kepala Dinas Pembedayaan Masyarakat Desa (DPMD), Nursina Kadir.

Menurut Nursina, kebijakan pencairan DD diharuskan ada rekomendasi Pemda tersebut bertujuan mengendalikan atau mengontrol penyaluran DD sesuai peruntukan.

“Rekomendasi itu artinya pengendalian dari Pemda, supaya Dana Desa jangan meluncur begitu saja supaya kami bisa kontrol ketika melakukan pencairan,” kata Nursina via telepon kepada KabarMalut, Minggu (29/7/2018).

Nursina mengatakan, dengan adanya rekomendasi maka Pemdes juga bisa mempertanggung jawabkan anggaran yang dikelola, jika pencairan awal tidak dapat dipertanggung jawabkan maka tahap berikutnya belum bisa dicairkan. Penerapan rekomendasi dari Pemda bukan mempersulit Pemdes, tetapi hanya semata-mata mengontrol penggunaan DD sesuai ketentuan.

“Ketika melakukan pencarian awalnya kita bisa kroscek, sehingga awalnya sudah bisa dipertanggung jawabkan, bukan kita mempersulit desa. Justeru kami mengendalikan desa, kalau kami tidak buat seperti itu (rekomendasi) pasti bobol,” tegasnya.

Baca Juga : Butuh Rekomendasi Pemda Cairkan DD, Mochtar: Pemda Tidak Bisa Buat Aturan Lebihi Kewenangan

Sementara sorotan Komisi I DPRD Pulau Morotai, dugaan anggaran DD tahun 2017 sebesar Rp 109 miliar dan masih menyisahkan Rp 40 yang belum dikucur, Nursina mengaku anggaran Rp 109 miliar dimaksud bukan hanya DD semata namun terdapat dua aitem yang didalamnya anggaran Alokasi Dana Desa (ADD). Sehingga Rp 40 anggaran sisa itu tidak 100 persen DD melainkan ada pula ADD yang bakal dikucur ke desa.

“Rp  40 miliar itu masih terdiri ADD didalam yang sudah direalisasikan, jadi kalau sudah direalisasikan berarti tinggal seberapa dan untuk luncuran itu (DD) sudah hampir selesai 2017 punya,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut