Ketua BPD Beberkan Kinerja Buruk Kades Batulak

  • Bagikan
Ketua BPD Batulak, Sudarto A Gani

LABUHA – Bukan hanya gaji kelima anggota BPD Batulak selama 15 bulan yang ditunggak Kepala Desa  (Kades) Batulak, Kecamatan Gane Barat Utara, Irhandi Suhada. Sejumlah kinerja Kades yang tidak terlaksana sesuai mekanisme juga kembali dibeberikan, mulai dari tidak adanya Laporan Pertanggung Jawab (LPJ) tahun anggaran 2017, pemberian kwitansi kosong serta tujangan Sekdes yang tidak diberikan Kades Batulak, Irhandi.

“Untuk melakukan pencairan 2018 harus ada LPJ 100 peresen. Yang kami tahu hanya ada 60 peresen, 40 persennya tidak ada,” tutur Ketua BPD Batulak, Sudarto A Gani kepada KabarMalut, Rabu (1/8/2018).

Sambung Sudarto, Kades Irhandi juga dalam perencanaan tahun 2018 tidak menyusun Rencana Kegiatan Pemerintah Desa (RKP Desa) sebagai mana telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 114 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa, tahapan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa).

“Sebagai lembaga Pengawasan Pemerintah Desa tidak pernah tahu ada perencanaan 2018. Kalupun rencana kegiatan pemerintah desa itu ada berarti itu fktif,” ungkap Sudarto.

Tidak hanya itu, lanjut Sudarto, beberapa hari yang lalu Kades Irhandi membayar gaji anggota BPD yakni Bahrun Samad, M Ubait Togubu dan Srimulyati Ibrahim, tapi anehnya Kades memberikan menyodorkan kwitansi kosong untuk ditandatangani ketiga anggota BPD.

“Sebagi ketua saya perintahkan mereka kembalikan gaji dan kwitansi kosong yang diberikan Kades itu. Ketakutan saya jangan sampai terjadi hal-hal buruk dikemudian hari,” ujarnya.

Tidak sampai disitu, Kades Irhandi juga selama 18 bulan tidak membayar tunjangan jabatan Sekrtaris Desa Amirudin Ishak senilai Rp 5.400.000.

“Tahun 2017 tunjangan jabatan saya Rp 250.000 masuk 2018 ada berubahan SK Bupati jadi naik menjadi 300.000, total 18 bulan tunjangan jabatan saya tidak dibayar,” ucap Sekdes Batulak, Amirudin.

Terkait masalah tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Halsel, Bustamin Soleman saat dikonfirmasi merasa geram dengan sikap Kades Irhandi yang tidak terpuji.

“Dalam minggu ini saya panggila Kades menghadap dan mendesak dia menyelesaikan hak-hak anggota BPD dan Sekdes tersebut,” ujar Bustamin.

Sementara itu, Kades Batulak, Irhandi Suhada sampai saat ini belum dikonfirmasi, nomor handphone pribadinya 08218890xxxx ketika dihubungi tidak tersambung atau berada diluar jangkaua. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut