Kapolda Mengaku Jika Memihak di Pilgub AHM-RIVAI Tidak Menang

  • Bagikan
Kapolda Malut, Brigjen Pol M Naufal Yahya

TERNATE – Dugaan keberpihakan Kapolda Maluku Utara (Malut) Brigjen Pol M Naufal Yahya terhadap salah satu kandidat pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018, dibantah Kapolda.

Kapolda mangaku, jika dirinya memihak pada Pilgub 2018, maka Paslon Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar (AHM-RIVAI) belum tentu bisa memenagkan Pilgub pada 27 Juni lalu.

“Kalau saja saya memihak salah satu kandidat, berarti AHM- RIVAI tidak menang dong. Tapi buktinya perolehan suaranya terbanyak kan,” kata Naufal kepada wartawan, Kamis (2/8/2018).

Jenderal bintang satu ini menegakan, Polda sudah melakukan tugasnya dengan baik dalam mengamankan proses Pilkada sesuai ketentuan hingga pada proses perhitungan suara. Pihak kepolisian sama sekali tidak mengintervensi dan sudah bekerja keras dalam hal ini.

“Kami sudah bekerja keras dalam Pilkada gubernur dan wakil gubernur Malut 2018-2023,” jelasnya.

Menurutnya, permasalah yang terjadi pada Pilgub yakni terkait dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) ganda. Sehingga pihaknya mengajak penyelenggara untuk sama-sama mengkrocek ulang bukan mengintervensi kewenangan penyelenggra.

“Hal itu (DPT) ganda sudah kami ajak secara baik-baik kepada pihak terkait untuk sama-sama mengecek ulang, bukannya Polda mengintervensi,” tegasnya.

Terkait penggebokan gudang KPU Malut yang berisikan kotak suara Pilgub, Naufal mengaku hal ini dilakukan untuk mengantisipasi  atau mencegah hal-hal yang tidak diinginkan bersama. Sebab pengalama setiap Pilkada di Malut selalu terjadi masalah.

“Juga terkait kotak suara, itu bagian dari antisipasi kami dengan Pilkada sebelum-sebelumnya yang bahkan sampai kotak suara saja hilang, makanya kami mengambil jalan untuk digembok,” tambahnya.

Naufal menambahkan, dari awal Polda menginginkan Pilkada kali ini berjalan aman, bukannya seperti saat ini yang saling menyalahkan dan diplintir. Sebab itu, bisa berdampak tidak baik di publik nantinya. (Ajo)

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut