Gempa 3,6 SR Getarkan Labuha

  • Bagikan
Ilustrasi Gempa Bumi

LABUHA – Gempa bumi tektonik 3,6 Skala Richter (SR) mengguncang Pulau Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) .

Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Abraham F. Mustamu mengatakan, hasil analisis mutakhir BMKG menunjukan bahwa gempa bumi tersebut terjadi pada pukul 20:19:08 WIT dengan kekuatan 3,6 SR dengan pusat gempa di 0.72 LS – 127.42 BT, tepatnya 13 km barat daya Labuha pada kedalaman 10 KM.

“Berdasarkan laporan yang masuk, bahwa gempa ini dirasakan oleh masyarakat di Kota Labuha dengan skala intensitas I-II SIG BMKG (II-III MMI), dan untuk sementara belum ada laporan lain tentang kerusakan dan korban,” kata dalam rilis yang diterima redaksi, Jumat (3/8/2018).

Terkait dengan peristiwa gempa bumi yang baru saja terjadi, lalnjut Abraham, hingga laporan ini disusun pada pukul 20:40WIT belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG.

“Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai dihimbau agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” harapnya.

Abraham menambahkan, ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini termasuk gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar di wilayah tersebut. Adapun sesar-sesar aktif di wilayah Halsel dipengaruhi oleh sesar utama Sula-Sorong yang cenderung begerak mendatar. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut