Jadi Sidangkat Curanmor, 6 Anak Ditangkap Polisi

  • Bagikan
6 Anak dibawah umur yang menjadi sindikat pelaku pencurian sepeda motor bersama barang bukti saat diamankan Intemob Polda Malut

TERNATE – Anggota Unit Reserse Intel Brimob (Resintelmob) Polda Maluku Utara (Malut) mengamankan 6 anak dibawah umur karena terlibat atas kasus dugaan pencurin sepeda motor (Curanmor) yang sering beroperasi di wilayah Kota Ternate.

Informasi yang dihimpun KabarMalut, Selasa (7/8/2018, penangkapan 6 orang pelaku jaringan Pencurian Kendaraan Bermotor ini bermula, informasi masyarakat bahwa telah terjadi kasus pencurian kendaraan bermotor berupa 1 unit sepeda motor Yamaha Jupiter Z warna biru-hitam di Kelurahan Kalumata hilang sekira satu bulan lalu dengan korban atas nama Daeng.

Berdasarkan informasi tersebut, unit Resintelmob melakukan penyelidikan sehingga ditemukan velg motor Jupiter Z yang dicuri tersebut dan rencananya akan dijual. Setelah menemukan barang bukti,  berhasil mengamankan salah seorang pelaku RH (15) di kelurahan Ngade.

Keterangan pelaku RH dirinya bersama RD (17) ketika melakukan pencurian sepeda motor Yamaha Jupiter Z tersebut, tak butuh waktu lama RD juga ikut diamankan di rumahnya. Modus yang dilakukan yakni dengan berboncengan menggunakan 1 unit motor kemudian melihat adanya motor yang terparkir tanpa kunci setir, mereka mengambil dan mendorong ke rumah mereka.

Hasil interogasi kedua pelaku, mengaku bahwa motor curian jenis Jupiter Z telah hilang dicuri ketika diparkir di halaman rumah salah satu teman mereka. Namun kedua pelaku mencurigai motor tersebut kembali dicuri oleh teman mereka sendiri yang sering sekomplotan.

Polisi kemudian mengamankan AP (17) di pelabuhan Bastiong, setelah diamankan diketahui bahwa motor Yamaha Jupiter Z dicuri empat orang teman pelaku lainnya yakni A (18), MMS (17), An dan R (19), namun sudah dibawa ke Tobelo Halmahera Utara untuk dijual. A kemudian diamankan di rumahnya di Kelurahan Salahudin. Hasil interogasi A, membernarkan motor Yamaha Jupiter Z  sudah dijual di Tobelo bersama rekan mereka lainnya bernanam Iki Dapin.

Polisi menggali keterangan dari A dan mengaku dirinya bersama dengan beberapa rekan lainnya sudah sering mencuri sepeda motor di wilayah Kota Ternate. Diketahui sudah sebanyak 7 unit motor yang dicuri dalam kurun waktu 2 bulan terakhir di berbagai TKP berbeda, dan aksi yang dilakukan secara bersama-sama atau berkelompok.

Tak mau hasil buruan mereka melarikan diri, Intemob kembali mengamankan MSM di belakang Jati Land Mall Kelurahan Gamalama, dari pengakuan MSM Polisi kemudian melakukan pencarian terhadap R dan keterangan MSM  saat ini R sedang membawa sepeda motor jenis Honda Beat warna merah yang merupakan hasil curian.

Sekira pukul 02.00 WIT dini hari, bertempat di pangkalan  ojeg depan Benteng Kalamata R beserta 1 unit motor Honda Beat warna merah hasil curian diamankan. Selain itu, masih adanya lagi kelompok lainnya yang diketahui saat ini sedang berada di luar Ternate yakni Iki Dapin dan An.

Setelah mengamankan 6 pelaku, Intelmob kemudian mengumpulkan barang bukti di rumah A di Kelurahan Bula, barang bukti tersebut berupa plat nomor polisi yang merupakan bawaan asli sepeda motor dan sudah dicabut untuk mengelabui petugas, alat perkakas yang sering digunakan untuk membuka serta memodif kembali motor hasil curian, lampu motor, spidometer motot Beat, spion motor, bodi motor, maupun penutup knalpot motor Yamaha Mio.

Terdapat pula 7 unit sepeda motor yang di simpat di sejumlah tempat berbeda di Kota Ternate diantaranya, 2 unit motor Yamaha Mio sporty warna Hitam, 2 unit motor Honda Beat warna merah, 1 unit motor Honda Beat yang sudah dicabut bodi dan aksesoris lainnya, 1 unit motor Yamaha Mio M3 warna hitam yang sudah dibungkus stiker warna hijau dan 1 unit rangka motor Yamaha Kripton.

Selain itu, ada juga Velg Motor, aksesoris motor yang sudah dibuka seperti 7 buah plat nomor polisi, bodi motor, penutup knalpot motor Yamaha Mio, spidometer motor beat, spion motor alat perkakas yang digunakan untuk membongkar dan memodifikasi motor. Para pelaku dan barang bukti selanjutnya diserahkan ke Polres Ternate untuk proses hokum lebih lanjut.

Kabag Ops Polres Ternate, AKP Roy B Simangunsong, membenarkan penyerahan 6 pelaku pencurian dengan barang bukti 7 unit kendaraan bermotor roda dua serta asesoris lainnya.

“Kami masih melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi dan korban pemilik kendaraan yang hilang, sedangkan para pelaku masih menjalani pemeriksaan untuk pengembangan,” singkatnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut