KPU Bakal Coret Caleg Tak Memenuhi Syarat

  • Bagikan
Devisi Hukum KPU Pulau Morotai, Luth Djaguna

DARUBA – Jadwal perbaikan berkas persyaratan Calon Legislatif (Caleg) 2019 yang diusulkan masing-masing Partai Politik (Parpol) telah selesai. KPU bakal mencoret nama Caleg jika tidak memenuhi syarat pencalonan seperti tertung dalam PKPU nomor 20 tahun 2018.

“Kini kami sedang penyusunan rancangan DCS, selanjutnya pengumuman DCS antara tanggal 12 sampai 14 Agustus,” kata Devisi Hukum KPU Pulau Morotai, Luth Djaguna kepada KabarMalut, Rabu (8/8/2018).

Menurutnya, setelah penetapan DCS, masyarakat diberikan kesempatan untuk menanggapi serta menberikan masukan atas DCS para Caleg. Jika ada Caleg yang terbukti tidak memenuhi syarat pencalonan PKPU nomor 20 2018 Pasal 20 ayat 2, KPU langsung mencoret nama Caleg tersebut setelah dilakukan verifikasi.

“Masyarakat ada yang menggapai penyusunan yang masalah hukum, kemudian terbukti ada Caleg yang tidak memenuhi syarat pencalonan maka KPU mencoret nama bakal calon tersebut. Pada prinsipnya KPU berdasarkan temuan dari masyarakat jika bersangkutan ada masalah maka KPU akan menyikapi pelaporan tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, syarat yang dimaksuda dalam PKPU nomor 20 2018, apabila ada Caleg yang tersangkut pidana ringan dan pidan atau pidana pemilu, maka wajib memasukan dokumen salinan putusan pengadilan.

“Selain itu, surat keterangan dari Kejaksaan yang menerangkan bahwa bersangkutan terpidana kena kealpaan ringan (culpa Levis) atau alasan politik yang tidak menjalani pidana dalam penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah kekuatan hukum tetap,” ungkapnya.

Surat tersebut juga disampaikan media masa untuk dipublikasi  bahwa Caleg tersebut terbuka dan jujur menggemukan kepada pUblik sebagai terpidana kealpaan ringan atau alasan politik dan tidak menjalani syarat penjara. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut