Harga Sembako di Ternate Relatif Stabil

  • Bagikan
Kepala UPT Pasar Ternate Tengah, H Mahmud Ibrahim

TERNATE – Kepala Unit Pelaksa Teknis (UPT)  Pasar Ternate  Tengah, H Mahmud Ibrahim mengatakan, hingga saat ini harga kebutuhan sembilan bahan pokok (Sembako) bagi masyarakat Kota Ternate masih relatif stabil, dalam sepekan terakhir. Hal ini dikarenakan pasokan yang masuk ke Ternate cukup lancar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Inflasi yang terjadi pada bulan lalu dinilai tidak terlalu meningkat, karena sudah diantisipasi dan biasanya harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan secara signifikan kalau menjelang lebaran Idul Adha,” kata Mahmud saat ditemui Kabar Malut di ruang kerjanya, Kamis (9/8/2018).

Dia menilai, harga pasar cukup stabil berkat komitmen pemasok yang membantu menjaga harga dan ketersediaan stok, namun setelah itu harga mengalami fluktuatif. Oleh karena itu, kedepan UPT Pasar Ternate Tengah akan terus berkoordinasi menjaga kestabilan harga, jelang momentum hari besar keagamaan.

“Sampai saat ini kondisi lapangan sampai sekarang harga bahan pokok masih relatif normal dan saya pastikam menjelang lebaran nanti akan stabil seperti biasa,” jelasnya.

Menurutnya,  ada beberapa jenis bahan pokok yang nanti menjelang lebaran Idul Adha permintaan pasar bakal meningkat, seperti daging sapi, ayam dan kambing, begitu juga bawang, tomat serta cabai. Namun stok ketersediaany yang ada dijamin bisa memenuhi kebutuhan masyarakat ini.

“Kalau untuk harganya hingga sekarang masi relatif normal, tidak ada yang mengalami lonjakan harga. Mudah-mudahan ini bertahan sampai lebaran nanti,” harapnya.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan, bakal mengantisifasi harga pasar pada H-5 dan H-3 lebaran, yang sering terjadi lonjakan.

“Kami dari pihak Dinas Pasar selalu melakukan pantauan di lapangan untuk meminimalisir lonjakan dan permainan pedagang saat menjelang lebaran Idul Adha nanti,” pungkasnya. (Ut/Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut