Belum Miliki Perda, Ternak Warga Bebas Berkeliaran

  • Bagikan
Hewan ternak milik masyarakat Halteng yang berkeliaran bebasa di dalam Kota Weda

WEDA – Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) hingga kini belum memiliki Peraturan Daerah (Perda) mengenai larangan berkeliaranya hewan ternak secara bebas, terutama dalam kawasan kota Weda. Akibanya, hewan ternak berupa Sapi dan Kambil milik warga yang tidak dikandangkan, masih berkeliaran secara bebas.

Tak heran, areal perkotaan sering dijumpai kotoran hewan terutama di jalan raya sehingga membuat kegelisahan masyarakat. Tidak adanya Perda, membuat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) hanya bisa diaman tanpa harus meneribkan.

Kepala Satpol PP Halteng, Halid Andisi mengatakan, hingga kini pihaknya belum bisa melakukan penertiban ternak yang masih berkeliaran dalam Kota Weda. Penertiban bisa dilakukan jika memiliki landasan hukum, minimal surat edaran Bupati.

“Karena Perda tentang penertiban ternak belum ada, sehingga minggu depan kami eksen tapi menunggu edaran Bupati,” ungkap Halid saat dikonfirmasi KabarMalut, Minggu (12/8/2018).

Halid mengaku, kini pihaknya menunggu Bupati Edi Langkara mengeluarkan surat edaran ke pemilik ternak untuk menghimbau dan paling lambat tiga semua hewan ternak harus sudah dikandangkan. Terutama menjelang HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus nanti.

“Sebelum tanggal 17 Agustus nanti, kami akan membuat penertiban ternak yang masih berkeliaran dan melibatkan 127 porsenil satpol PP yang ada di Halteng ini. Rencana, sebelum tanggal 17 dalam Kota Weda sudah bersih semua,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut