Mahasiswa Kubermas dan Satlantas Sosilisasi Tertib Berlalu Lintas

  • Bagikan
Mahsiswa Kubermas dan anggota Satlatas Polres Ternate usai sosilisasi

TERNATE –  Mahasiswa Kubermas Tematik Revolusi Mental tahun 2018 bersama Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Ternate, menggelar Gerakan Indonesia Tertib Berlalu Lintas demi keselamatan bersama, yang di pusatkan depan Landmark Kota Ternate, Selasa (14/8/2018).

Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Ternate, Ipda Ibrahim Mappe mengatakan, penertiban yang dilakukan bersama mahasiswa Kubermas ini merupakan prioritas yang difokuskan kepada pelanggaran kasat mata yakni, tidak memakai helm dan knalpot resing untuk ditindak sesuai aturan.

“Jauh sebelumnya sudah ada sosialisasi baik di tingkat mahasiswa, lewat radio  Istana FM dan radio RRI Ternate, kepada  masyarakat terhadap dua poin diatas,” Ibrahim.

Meski begitu, pihaknya tidak mengabaikan pelanggaran lain, tapi akan diprioritaskan kepada pelanggaran kasat mata.

“Pelanggaran yang lain untuk SIM dan STNK, bila ditemukan pada pelanggaran kasat mata, jika pengendara memakai helm maka tidak akan diperiksa. Kami lebih konsenterasi terhadap pengendara yang tidak menggunakan helm” jelasnya.

Kehadiran mahasiswa Kubersama cukup membantu dalam sosialisasi tertib berlalu lintas, nampak  para mahasiswa aktif di lapangan untuk melakukan penertiban bagi pengendara yang tidak memakai helm, maka akan dipasang oleh peserta Kubermas di kepalanya, sebagai salah satu bentuk sosialisasi kepada masyarakat.

“Masyarakat harus sadar, sehingga kami tidak terus melakukan (penertiban) seperti ini, kembali kepada kesedaran masyarakat dan sebagai bentuk sosialisasi bersama mahasiswa Kubermas tadi melalukan penertiban lalu lintas di Land Mark Kota Ternate,” terangnya.

Sementara itu, Dosen Pendamping Lapangan, Firdawaty Marassabesy  mengatakan sosialisasi Gerakan Tertib Berlalu Lintas merupakan salah satu program kerja mahasiswa Kubermas Revolusi Mental.

“Hari ini adalah hari pertama kami sosialisasi dengan turun ke jalan bersama Polantas Ternate, kami melakukan setiap minggunya dengan melibatkan seluruh mahasiswa Kubermas Revolusi Mental yang berlokasi di Kecamatan Utara, Tengah dan Selatan dengan beberapa titik lokasi yang telah ditentukan,” ungkap Firdawaty.

Sasaran dari sosialisasi ini, lanjut Firdawaty, untuk membangun kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas, karena ketertiban lalu lintas untuk keselamatan bersama. Sebanyak 30 orang peserta Kubermas dari perwakilan Kubermas Kelurahan Makassar Timur, Makassar Barat, Sangaji Utara dan Akehuda yang turun sama-sama dengan Polantas.

“Semoga mahasiswa Kubermas Revolusi Mental menjadi pelopor gerakan tertib berlalu lintas, dalam hal ini mahasiswa harus mencontohkan yang baik kepada masyarakat tentang tertib berlalu lintas. Serta masyarakat Kota Ternate dapat membudayakan Tertib Lalu Lintas demi keselamatan kita bersama,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut