Rayakan Kemerdekaan, Warga Makian Gelar Pesta Togal Sepanjang 1 KM

  • Bagikan
Suasana Pesta Togal dalam pereyakan HUT Kemerdekaan RI ke-73 oleh warga Desa Makian, Halmahera Selatan

LABUHA – Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73 turut dirayakan masyarakat Desa Makian, Kecamatan Bacan Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel). Warga merayakan kemerdekaan dengan menggelar pesta adat Makian tarian Togal terpanjang yakni sepanjang 1 kilo meter (km) dengan peserta terbanyak.

Tarian togal yang dipustakan di lingkungan Desa Makian itu, diikuti hampir seluruh warga terutama para ibu dan bapak-bapak. Tidak ketinggal, para remaja dan Mahasiswa Kubermas dari Universitas Khairun Ternate juga ikut ambil bagian dalam kesempatan itu.

Peserta ronggeng Togal yang berdendang ikuti irama Togal

Ketua Pemuda Desa Makian, Safril Talib menuturkan kegiatan tarian Togal yang digelar hari ini baru pertama kali dilakukan di desanya. Bahkan mungkin juga di Kabupaten Halsel dan Maluku Utara.

“Kegitan ini murni atas inisitif Pemuda Desa Makian bekerja sama dengan pemerintah desa untuk memeriahkan HUT RI ke 73 tahun. Kami atas nama pemuda juga beterimakasih kepada seluruh masyarakat yang ikut mendukung dan meramaikan kegiatan ini,” ungkap Safri saat ditemui di sela-sela acara tarian Togal, Jumat (17/8/2018).

Sembung Safri, dengan adanya kegiatan tarian Togal sepanjang 1 kilo ini dapat dijadikan ajang silaturahmi sesama warga dan sekaligus mempertahkan nilai-nilai budaya dan tradisi yang terus dipelihara dan dikembangkan. Kegiatan ini lanjut Safri, akan menjadi kegiatan tahunan bagi pemuda Desa Makian sepanjang peringatan HUT RI, karena semangat dari kegiatan ini adalah semangat persatuan dan kesatuan bagi sesama warga dan anak bangsa.

“Kami berharap dengan kegiatan ini kami Pemuda Kampung (Desa) Makian semakin solid dan terus maju dengan ide-ide keratif untuk mengangkat nama baik desa yang kami cintai ini,” pungkas Safri. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut