Satu Jamaah Haji Asal Haltim Dikabarkan Hilang

  • Bagikan
Jamaah Haji Malut di Mina

MINA – Satu Jamaah Haji Maluku Utara (Malut) atas nama Hasan Yoi Moson yang berasal dari Halmahera Timur (Hatim) dikarbarkan hilang di Mina, Arab Saudi, saat hendak menuju toilet di samping kemah.

“Bapak Hasan Yoi Moson asal Kabupaten Haltim sampai saat ini belum kembali. Beliau (Hasan) dua hari yang lalu keluar ke kamar mandi dan sampai hari ini belum kembali bergabung,” ungkap Petugas Kloter 7, Ladadu Lasemgka dalam laporan haji yang diterima KabarMalut, Kamis (23/8/2018).

Menurutnya, jamaah Kloter 7 lainnya tepat pukul 04.30 WAS  telah selesai melontar jumrah sebanyak 412 orang yang mengambil nafar awal dan sekarang sudah kembali ke hotel Rose Garden Makkah.

“Yang mengambil nafar tsani berjumlah 43 orang masih berada di Mina dan rencana sebentar malam akan melontar jumrah yang terakhir dan insya Allah besok pagi akan kembali ke hotel Rose Garden Makkah bergabung dengan teman-teman yang lain,” jelasnya.

Petugas Kesehatan Kloter 7, dr Marilyn menambahkan untuk kondisi kesehatan terakhir Kloter 7 saat ini 2 orang jamaah masih dirawat di Rumah Saki yakni Abu Bakar Ibrahim dan Khabil H. Muhammad. Abu Bakar Ibrahim sendiri berasal dari Haltim, yang pada tanggal 21 Agustus  telah keluar dari RSAS, kembali drop di tenda kemarin hingga sempat mengalami henti napas ketika dirujuk dari tenda ke KKHI Mina.

“Bapak Abubakar sudah dirujuk dan sedang dirawat di RS Mina Al-Wadee di ruang ICU kemarin. Hasil Timkes Kloter menjenguk dan bertemu  dr yang merawat. Hari ini  jika stabil bapak Abu sudah bisa dipulangkan,” ungkapnya.

Sedangkan jamaah atas nama Khabil H. Muhammad asal Kota Tikep, menurut info dari tim visitasi KKHI Makkah, saat ini sedang dirawat di RS King Abdul Aziz Makkah.

“Insya Allah hari ini ketika sampai Makkah, petugas Kloter 7 akan menjenguk pak Khabil sekalian memastikan kondisi terakhir,” pungkasnya.

Tim Kesehata Kloter 7 saat menjenguk jamaah atas nama Abu Bakar Ibrahim yang didampingi istrinya

Sementara itu, Petugas Kloter 8, M Zulkiram mengatakan berdasarkan hasil musyawarah dan kesepakatan jamaah bersama petugas Kloter 08 UPG terkait Mabit di Mina, maka dari jumlah jamaah 453 termasuk petugas disepakati mengambil Nafar awal berjumlah 451 orang dan yang mengambil Nafar Tsani berjumlah 2 orang.

“Alhamdulillah hari ini tepatnya tanggal 12 Dzulhijjah 1439 H pukul 02.30 WAS, rombongan jamaah yang mengambil Nafar Awwal menuju ke Jamarat untuk menyelesaikan lontaran yang terakhir dengan melontar Jumratul ula, wustha dan aqabah, dan direncanakan kembali dari Mina ke hotel pukul 09.00 WAS. Sedangkan 2 orang yg mengambil Nafar Tsani akan menyelesaikannya pada esok hari,” jelasnya.

M Zulkiram juga laporkan bahwa dari jamaah yang berjumlah 453 orang yang mengikuti wukuf di Arafah sampai ke Mina ternyata 2 orang mengalami  sakit, satu jamaagh di RSAS Mina Alwadi dan saat ini sudah dipindahkan di RSAS Annur, atas nama Rukia dan satunya lagi di KKHI Mina atas nama Farida Abd. Kadir Thaib keduanya berasal dari Kabupaten Kepulauan Sula.

“Kami mohon doanya semoga keduanya diberikan kesembuhan oleh Allah SWT, dan bisa segera kembali berkumpul bersama jamaah yang lainnya,” singkatnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut