Bahasa Generasi Muda di Malut Diteliti

  • Bagikan
Tim PBGMI (tengah) dan pegawai Kantor Bahasa Maluku Utara

TERNATE – Tim Penilitian Bahasa Generasi Muda Indonesia (PBGMI) telah melakukan penilitian sikap Bahasa Generasi Muda di Maluku Utara (Malut). Tim PBGMI sebanyak tiga orang yang dipimpin Buah Ari Tomang sebagai Ketua Tim, serta beranggotakan Atisa dan Menuk ini,  meneliti Bahasa Generasi Muda di empat provinsi yakni Provinsi Aceh, Nusa Tenggara Barat, Gorontalo dan Malut.

“Tahun ini kita baru melakukan pendataan di empat provinsi yaitu Aceh, Gorontalo, Nusa Tenggara Barat dan Maluku Utara. Mungkin tahun depan, kita akan melakukan pendataan di provinsi yang lain,”  kata Ketua Tim PBGMI, Buha Ari Tomang kepada KabarMalut, usai penilitian Bahasa Generasi Muda terhadap 15 orang wartawan di Caffe Soccer, Selasa (28/8/2018).

Buah mengaku, penelian ini  tujuan untuk mengetahui apakah generasi mudah Indonesia masih bersikap positif terhadap Bahasa Indonesia dan juga terhadap Bahasa Daerah serta mempelajari Bahasa Asing.

“Apakah generasi mudah kita masih loyal terhadap Bahasa Daerah, atau sudah meninggalkan Bahasa Daerah dan kemudian mereka beralih ke Bahasa Indonesia atau Bahasa Asing,” ujarnya.

Respondent yang dipilih untuk diteliti, tambah Buah,  diantaranya, Kariyawan, Mahasiswa dan anak-anak SMA.

“Jadi sudah lakukan penilitian di SMA Negeri 1 Ternate dan sebagian juga kita ambil sampel di generasi mudah di Kantor Balai Bahasa Maluku Utara,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut