PUPR Kepsul Gelar FGD Penyusunan RTBL

  • Bagikan
Kegiatan FGD penyusunan RTBL

SANANA – Setelah usai revisi Rencana Tatata Ruang  Wilayah (RTRW) pada tahun 2017 lalu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang  (PUPR) Kepulauan Sula (Kepsul) langsung menggelar Focus Group Discution (FGD) pembahasan penyusunan Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) tahun 2018, yang digelar di aula Kantor Bupati Kepsul, Selasa (28/8/2018).

Kegiatan Penyusunan yang berlangsung sekira 4 jam ini, diikuti langsung oleh Kadis PUPR Muhamad Lutfi dan Kabid Cipta Karya Kepsul, Nursaleh, juga melibatkan masyarakat dan beberapa SKPD di lingkup Pemda Kepsul.

Kadis PUPR Kepsul, Muhamad Lutfi mengaku, penyusunan RTBL ini dimaksudkan untuk menyiapkan perencanaan penataan bangunan dan lingkungan yang mampu mensinergikan berbagai arahan dan panduan perencanaan pembangunan yang ada. Tentu harus sesuai dengan tema dan citra yang ditetapkan sebagai dasar perizinan dan sebagai dasar investasi pembangunan kawasan, baik yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah, swasta maupun masyarakat.

“RTBL ini akan menentukan wajah Kota Sanana, jadi tentunya sangat memerlukan partisipasi dan kerja sama dari masyarakat, tanpa kerja sama maka Pemda juga akan kesulitan membangun kota menjadi lebih baik,”  kata Muhamad Lutfi.

Meskipun demikian, Muhamad Lutfi, RTBL tetap disusun berdasarkan master plane pembangunan yang merujuk pada RTRW yang telah direvisi. Dalam penyusunan, ada beberapa lokasi yang dirancang berbeda dari yang telah ada, diantaranya perluasan wilayah dan pembangunan Halte di perempatan tugu Adipura, Benteng Deverwatcing akan dibuka akses jalan lurus hingga berhadapan dengan laut, serta sirkulasi kendaraan seperti jalur lalu lintas.

“Dimana khususnya dipertokoan, akan diatur satu jalur saja dan juga pengaturan sistem ruang terbuka hijau,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut