1 Oktober Vape Kena Cukai

  • Bagikan
Kepala Kantor Bea dan Cukai Ternate, Musafak

TERNATE – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Ternate, mensosialisasikan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 146/PMK.010/2017 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau, yang akan diterapkan mulai 1 Oktober 2018 nanti. Sosialisasi melibatkan para pelaku usaha dan sejumlah media cetak, elektronik dan online di Kota Ternate.

Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis, KPPBC Ternate, Yuyu Mulyana megatakan, kegiatan sosilisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat serta mengupayakan peningkatan pengetahuan dan kesadaran hukum masyarakat terhadap produk peraturan yang dikeluarkan pemerintah.

“Vape atau rokok elektrik yang saat ini digandrungi kalangan muda dan dewasa sebelumnya beredar bebas tanpa dikenakan cukai, kini berubah. Sebab bagi cukai Vape atau sebagai Hasil Produk Tembakau Lainnya (HPTL) sudah mulai dikenakan cukai sejak bulan Juli 2018, namun Ditjen Bea dan Cukai Kementrian Keuangan memilih untuk memberikan relaksasi sampai 1 Oktober 2018 bagi pabrik olahan likuid/cairan rokok elektrik seperti Vape, agar pengusaha tidak kaget dengan peraturan ini,” ungkap Yuyun di aula KPPBC Ternate, Rabu (29/8/2018).

Sementara Kepala Kantor Bea dan Cukai Ternate, Musafak menyebutkan bahwa HPTL dikenakan tarif cukai sebesar 57 persen dari Harga Jual Enceran (HJE) yang diajukan. Seluruh pengusaha wajib mentaati peraturan yang sudah ditetapkan itu.

 “Jika ada pengusaha yang kedapatan mengedarkan HPTL tanpa cukai kami akan segera bertindak dengan cara penyitaan bagi produk sendiri dan untuk pelaku usaha akan kami kenakan sanksi administrasi serta denda Rp 20-Rp200 juta sesuai tingkat kesalahan,” ujarnya.

Pada kesempatan ini juga sekaligus dirangkaikan dengan launching website bea dan cukai Ternate yakni www.bcternate.baecukai.go.id, dengan harapan masyarakat bisa dengan mudah mengakses dan memperoleh informasi terupdate dari Bea dan Cukai Ternate khususnya terkait peraturan di Bidang Kepebeanan dan Cukai kepada masyarakat dan para pengguna jasa. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut